Show simple item record

dc.contributor.authorVera Wahyuningsari
dc.date.accessioned2013-12-20T06:33:58Z
dc.date.available2013-12-20T06:33:58Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210102025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11207
dc.description.abstractPenelitian dengan judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli fisika untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri Sukorambi Tahun Ajaran 2011/2012 ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada saat dilakukannya observasi awal, yaitu rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII B. Data hasil observasi awal yang dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran IPA-fisika menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa tergolong rendah, dari 37 siswa, hanya 15 siswa memperhatikan penjelasan guru, 11 siswa mencatat, 12 siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru secara mandiri, 1 siswa bertanya, dan 1 siswa menjawab pertanyaan dari guru. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa juga tergolong rendah. Berdasarkan nilai ulangan harian kelas VII B, dari 37 siswa didapatkan siswa yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar adalah 15 siswa dengan nilai ≥ 70, sedangkan 22 siswa lainnya dikatakan belum tuntas dengan nilai <70. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan saat dilakukannya observasi awal, maka ditentukan tujuan penelitian, yaitu meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII B SMP Negeri Sukorambi Tahun Ajaran 2011/2012. Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli fisika. Model pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran yang didalamnya terdapat unsur permainanan dan berisi vii permasalahan fisika yang harus diselesaikan siswa. Model ini memiliki kelebihan yaitu mengandung unsur permainan sehingga dapat membuat siswa merasa rileks dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan kerja sama antar siswa. Adapun permainan yang digunakan dalam model pembelajaran ini adalah permainan monopoli fisika. Tahap-tahap model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan media permainan monopoli fisika adalah sebagai berikut: penyajian materi oleh guru, demonstrasi, diskusi kelompok, diskusi kelas, permainan, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2011 sampai dengan 24 November 2011. Teknk pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas, hasil belajar fisika siswa pada siklus I dan siklus II, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang aktivitas belajar diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi, sedangkan data ketuntasan hasil belajar IPA-fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melakukan indikator aktivitas bertambah jumlahnya dari pra-siklus ke siklus I maupun siklus II. Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA-fisika siswa terjadi pada tiap siklusnya, yaitu 40,54% pada pra-siklus menjadi 51,35% pada siklus I dan 83.78% pada siklus II. Berdasarkan peningkatan pada aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa, menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan media permainan monopoli fisika dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan monopoli fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VII B SMP Negeri Sukorambi tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102025;
dc.subjectKOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI FISIKAen_US
dc.titleENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record