PENERAPAN METODE PERMAINAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATERI PERKALIAN SDN SUCI 02 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas
Sumber Daya Manusia (SDM), karena pendidikan sekolah dasar merupakan fondasi
bagi perkembangan kemampuan siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang
lebih tinggi, baik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah
Menengah Atas (SMA), bahkan sampai tingkat Perguruan Tinggi. Pentingnya
pelajaran matematika diberikan disemua jenjang sekolah, baik di jenjang pendidikan
dasar maupun pendidikan menengah. Melalui penerapan metode permainan
menggunakan kartu bergambar, siswa mendapatkan pengalaman baru tentang cara
berhitung matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode permainan
menggunakan kartu bergambar dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menelaah penerapan metode permainan
menggunakan kartu bergambar dalam pembelajaran matematika pada materi
perkalian kelas III SD Negeri Suci 02, (2) menelaah aktifitas siswa selama mengikuti
pembelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakn metode permainan,
(3) menelaah hasil belajar siswa dengan penerapan metode permainan menggunakan
kartu bergambar dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian kelas III SD
Negeri Suci 02.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suci 02 Panti-Jember kelas III yang terdiri
dari 30 orang siswa, dengan 18 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan.
Siswa dibagi menjadi enam kelompok yang heterogen dengan kemampuan akademik
yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Data
diambil dari tanggal 20 sampai dengan 25 Oktober 2011 dengan menggunakan
metode observasi, metode wawancara, dan metode tes.
Metode permainan adalah cara berhitung yang menggunakan alat bantu
berupa kartu soal dan kartu jawaban. Kelebihan dari permainan kartu adalah
penggunaan kartu bergambar yang sesuai dengan perkembangan siswa yang ingin
dalam tiap pembelajaran ada hal-hal baru seperti penggunaan kartu ini. Pembelajaran
menggunakan metode permainan pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar
jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan
metode permainan yaitu dari 10 orang siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar
meningkat menjadi 12 orang siswa dari 30 orang siswa, jumlah siswa yang
mengalami peningkatan hasil belajar belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal.
Melihat hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1, maka pembelajaran
dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 peningkatan hasil belajar yang dialami siswa
dari siklus 1, yaitu dari 12 orang siswa menjadi 25 orang siswa dari jumlah siswa
seluruhnya 30 orang siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan analisis data pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 43,3%. Yaitu dari siklus 1 mencapai 40% dan pada siklus 2 mencapai 83,3%,
dengan hasil yang dicapai maka dapat dinyatakan tuntas, dan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa
kelas III SDN Suci 02 melalui penerapan metode permainan menggunakan kartu
bergambar.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.