Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUNINGSIH, Sri
dc.date.accessioned2023-01-16T00:10:16Z
dc.date.available2023-01-16T00:10:16Z
dc.date.issued2022-05-20
dc.identifier.nim180210204183en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111627
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 16 Januari 2023en_US
dc.description.abstractPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan; Sri Wahyuningsih; 180210204183; 2022; 54 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Etnomatematika dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran matematika konkret. Hal tersebut memberikan pandangan bahwa etnomatematika memiliki peran dalam mengaitkan bentuk maupun konsep matematika dengan budaya, sehingga melalui budaya dapat membentuk matematika yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata, dan dapat membantu peserta didik memahami pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Galis 1, guru hanya terfokus pada buku siswa sebagai bahan ajar dan penyajian materi kurang bermakna, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang bersemangat, serta berpengaruh pada hasil belajarnya. Guru tidak pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal. Pada saat pembelajaran materi luas segitiga peserta didik kurang bersemangat atau rasa keingintahuannya rendah, sehingga tingkat pemahaman peserta didik dan hasil belajarnya kurang maksimal, 43,75% dari jumlah peserta didik di kelas IV tidak mencapai KKM (<70). Selain itu berdasarkan wawancara dengan peserta didik, mereka kurang mengenal kearifan lokal (rumah adat) dan belum mengetahui bahwasanya pada rumah adat terdapat konsep matematika, termasuk pada proses pembuatan bangunan. Salah satu solusi yang mendukung pembelajaran matematika lebih bermakna yaitu menghubungkan pembelajarannya dengan kehidupan nyata melalui budaya, yang disebut dengan etnomatematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada materi luas segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan yang valid, efektif, dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall, yang terdiri dari 8 tahap, antara lain tahap penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian dilakukan di SDN Galis 1 semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi produk, lembar angket uji coba penggunaan, dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng memenuhi kriteria valid dan efektif. valid ditunjukkan dari hasil validasi ketiga validator dengan nilai 93,67 (sangat valid). Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar peserta didik, 81,25% dari jumlah peserta didik di kelas IV SdN Galis 1 mendapatkan nilai 71-100 dan 18,75% mendapatkan nilai dibawah 71. berdasarkan hasil penelitian tersebut, LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan madura pada materi luas segitiga efektif digunakan dalam pembelajaran SD.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLEMBAR KERJA PESERTA DIDIKen_US
dc.subjectETNOMATEMATIKAen_US
dc.subjectRUMAH ADAT TANÈYAN LANJHÂNGen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record