• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING SECARA KELOMPOK DISERTAI SOFTWARE PSIM UNTUK MENINGKATKAN SECARA KELOMPOK PSIM UNTUK MENINGKATKAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA DI SMK (Hukum Kelistrikan Arus Searah)

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Danil Saolika - 080210192064_1.pdf (129.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Muhammad Danil Saolika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imaginasi atau keterlibatan gambaran mental seseorang yang kuat. Masih tingginya ketergantungan siswa terhadap guru fisika merupakan salah satu faktor yang juga mempengaruhi pembelajaran fisika. Sehingga permasalahanpermasalahan tersebut berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa supaya mudah memahami konsep fisika dan mengubah ketergantungan siswa terhadap guru menjadi proses pembelajaran yang terpusat pada siswa ( student centre). Adapun pembelajaran yang dapat diuji cobakan yaitu penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM untuk meningkatkan multirepresentasi fisika siswa di SMK (hukum kelistrikan arus searah). Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran (kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik) setelah penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK; (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM dengan pembelajaran konvensional di SMK; (3) untuk mendeskripsikan retensi belajar fisika siswa setelah penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu true experimental design. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Penentuan tempat menggunakan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus normalized gain (Ng) untuk menjawab rumusan masalah pertama, menggunakan uji Independent Sample T Test dengan program SPSS 15 untuk menjawab rumusan masalah kedua dan menggunakan rumus recognition method untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Analisis data untuk kriteria peningkatan kemampuan multirepresentasi fisika siswa diperoleh kemampuan representasi verbal Ng = 0,452 tergolong kategori sedang, matematik Ng = 0,474 tergolong kategori sedang, gambar Ng = 0,769 tergolong kategori tinggi dan grafik Ng = 0,907 tergolong kategori tinggi. Analisis data hasil belajar fisika siswa dengan uji Independent Sample T Test diperoleh (Sig. (2-tailed)) = 0,016, maka 0,016 < 0,05 yang berarti (Ha diterima, Ho ditolak) serta diperkuat dengan 2,481 ≥ 2,0049 atau t hitung ≥ t yang secara teoritis juga menyatakan (Ha diterima, Ho ditolak). Analisis retensi belajar fisika siswa di kelas eksperimen diperoleh persentase retensi sebesar 98,89 % yang berarti kriteria retensi tergolong kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM di SMK Negeri 2 Jember secara umum dapat meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar dan grafik (VMG2) dengan kriteria representasi verbal pada kategori sedang, matematik pada kategori sedang; gambar pada kategori tinggi dan grafik pada kategori tinggi; (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM dengan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2 Jember; (3) retensi belajar siswa dengan penerapan model problem solving secara kelompok disertai software PSIM tergolong dalam kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11155
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository