Show simple item record

dc.contributor.authorSARANA, Mega Diah Yuni
dc.date.accessioned2023-01-09T03:00:35Z
dc.date.available2023-01-09T03:00:35Z
dc.date.issued2022-11-18
dc.identifier.nim180210204243en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111521
dc.description.abstractKemampuan menentukan pokok pikiran termasuk kompetensi dasar (KD) yang harus dicapai oleh siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Hal ini tercantum pada KD 3.1 “menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis” dan 4.1 “menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual”. Berdasarkan KD tersebut maka diharapkan siswa mampu dalam menentukan pokok pikiran dalam paragraf. Wawancara dengan ibu Nurul Khasanah, S.Pd, guru kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi pada tanggal 26 Oktober 2021, diperoleh informasi bahwa siswa kelas V banyak yang kurang memahami materi pembelajaran menentukan pokok pikiran dalam paragraf. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kemampuan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi; (2) faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi; dan (3) bagaimanakah solusi mengatasi kesulitan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN Wonosobo Banyuwangi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi, dan (3) untuk mengetahui solusi mengatasi kesulitan menentukan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN Wonosobo Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Wonosobo Banyuwangi. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengn jumlah siswa 27 orang, yang terdiri 19 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri atas: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menentukan pokok pikiran siswa dalam paragraf yaitu pada kategori baik sekali dengan nilai huruf “A” tidak terdapat siswa yang memperoleh nilai tersebut. Pada kategori baik dengan nilai huruf “B” terdapat 3 siswa. Pada kategori cukup dengan nilai huruf “C” terdapat 4 siswa. Pada kategori kurang dengan nilai huruf “D” terdapat 11 siswa. Pada kategori gagal dengan nilai huruf “E” terdapat 9 siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menentukan pokok pikiran adalah Faktor internal meliputi: (1) siswa sulit berkonsentrasi selama pembelajaran, (2) kurangnya partisipasi siswa selama pembelajaran, (3) rendahnya minat membaca siswa, dan (4) siswa kurang memahami materi pokok pikiran. Sementara faktor eksternal yang menjadi penyebab kesulitan menentukan pokok pikiran meliputi: (1) metode pembelajaran kurang efektif, (2) pembelajaran tidak menggunakan media, dan (3) suasana kelas tidak kondusif. Solusi mengatasi kesulitan pokok pikiran dalam paragraf siswa kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangi yaitu meliputi: (1) penggunaan metode yang sesuai, (2) penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan (3) memberikan program remedial. Adapun saran dari penelitian ini yaitu: (1) bagi guru seharusnya dapat mengetahui kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa menentukan pokok pikiran, sehingga dapat merencanakan solusi yang tepat dalam pembelajaran; (2) bagi siswa sebaiknya sering membaca dan latihan menjawab soal yang berhubungan dengan materi menentukan pokok pikiran; dan (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat menjadi referensi melakukan penelitian lanjutan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Drs. Hari Satrijono, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMENENTUKAN POKOK PIKIRANen_US
dc.subjectPARAGRAF SISWAen_US
dc.titleKemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Paragraf Siswa Kelas V SDN 5 Wonosobo Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S,Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-4 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record