• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII C SMP NEGERI 7 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Lusy Rosyta Dewi_1.pdf (1.238Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Lusy Rosyta Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 28 Nopember 2011 di kelas VII C SMP Negeri 7 Jember, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah serta karakter siswa masih perlu dikembangkan. Berdasarkan data hasil pra siklus, dari 44 siswa menunjukkan hanya 34,09% siswa yang memperhatikan penjelasan guru sehingga dapat diketahui karakter kerja keras masih perlu dikembangkan, 36,36% siswa yang aktif mencatat , tidak ada siswa yang bertanya pada saat proses belajar mengajar berlangsung meskipun siswa tidak memahami materi yang disampaikan guru sehingga dapat diketahui karakter rasa ingin tahu masih perlu dikembangkan, 38,36% siswa yang mengerjakan tugas sedangkan yang lain mencontek pada teman yang mengerjakan sehingga dapat diketahui karakter jujur dan tanggung jawab masih perlu dikembangkan. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 7 Jember juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII C dari 44 siswa hanya 48% yang mendapatkan nilai ≥ 72 sedangkan 52% siswa lainnya mendapatkan nilai < 72. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa serta mengembangkan karakter siswa menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa. Model kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran terdapat kerjasama antar siswa dalam vii kelompok, motivasi, eksperimen, diskusi, presentasi di depan kelas, dan aktivitas berkarakter sehingga dapat melatih siswa untuk saling berbagi memiliki rasa tanggung jawab, aktif menjawab pertanyaan, berani berbicara di depan kelas, memotivasi siswa dalam belajar, siswa lebih percaya atas kebenaran dari percobaannya sendiri, serta siswa dapat berprilaku baik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII C SMP Negeri 7 Jember tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai dengan 9 Desember 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang aktifitas belajar dan karakter siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test dan observasi. Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang mengacu pada pembentukan karakter siswa selama proses pembelajaran fisika yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengalami peningkatan dan karakter siswa yang meliputi jujur, tanggung jawab, kerja keras, rasa ingin tahu, disiplin sudah berkembang. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 61%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 86%. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa serta dapat mengembangkan karakter siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11144
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository