• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 WULUHAN

    Thumbnail
    View/Open
    Linda K.Supraptiningsih_1.pdf (803.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Linda Kurnia Supraptiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Wuluhan masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Selasa, 23 Agustus 2011 dapat diketahui terdapat 43.4% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru; 28.3% yang aktif bertanya; dan 34.3% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 35,33%. Selain rendahnya aktivitas belajar, hasil belajar siswa kelas VII-A juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 33 siswa 39,4% atau 13 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 60,6% atau 20 siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model cooperatif learning tipe mind mapping (peta pikiran) dengan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Model mind mapping (peta pikiran) adalah suatu model kooperatif yang di dalam proses pembelajaran mengajarkan siswa membuat catatan yang tidak membosankan, yaitu catatan bentuk mind mapping. Catatan bentuk mind mapping (peta pikiran) dapat menumbuhkan semangat belajar bagi siswa. Sehingga mereka memiliki kompetensi individual untuk menghadapi materi selanjutnya. Penerapan model ini dipadukan dengan metode demonstrasi agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dengan metode demonstrasi pada vii siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Wuluhan, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Wuluhan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Wuluhan tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 17 November 2011 sampai dengan 01 Desember 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dari guru, mengemukakan pendapat, berdiskusi dengan kelompok, dan mencatat telah mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 60,6%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 75,7% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 81,8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pikiran) dengan metode demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif, lebih antusias, dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11139
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository