• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Laili Nur Fadilah_1.pdf (251.2Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    LAILI NUR FADILAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan investasi atau aset yang berharga bagi setiap orang. Dimana investasi akan dapat meningkatkan nilai manusia dengan kualitas pendidikan yang bermutu. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala kejadian alam, yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Fisika tidak hanya berisi tentang teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal, akan tetapi dalam fisika berisi banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khususnya fisika, maka perlu diadakan adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru. Salah satu perubahan paradigma pembelajaran tersebut adalah pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered), metodologi yang semula didominasi ekspositori berganti ke partisipatori dan pendekatan yang semula lebih bersifat tekstual berubah menjadi kontekstual. Pembelajaran yang memiliki kriteria seperti tersebut salah satunya adalah model pembelajaran POE disertai performance assessment. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance assessement dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance vii assessement selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model POE (PreedictObserve-Explain) dengan performance assessement dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika dengan model POE (PreedictObserve-Explain) dengan performance assessement dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gumukmas. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan random post-test only. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk menguji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Dari hasil perhitungan menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,004 atau < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control (Ha diterima, Ho ditolak). Hasil analisis aktivitas diperoleh bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan kelas eksperimen secara klasikal adalah 81,53%, dengan kriteria persentase aktivitas tergolong sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) disertai performance assessement dengan model konvensional pada kelas VIII SMPN 1 Gumukmas tahun ajaran 2011/2012 dan 2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance assessement baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat aktif yaitu dengan rata-rata 81,53%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11137
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository