• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN BANTUAN LKS ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK

    Thumbnail
    View/Open
    MAR ATUS SOLEHA - 080210192021_1.pdf (247.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Mar Atus Soleha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar tentang kejadian alam. Salah satu penyebab sulitnya pembelajaran fisika antara lain fisika merupakan ilmu yang berhakikat pada proses dan produk. Hal tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan menengah kejuruan yang dibangun untuk menciptakan lulusan agar siap kerja sesuai minat dan bakatnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan mampu menyelesaikan suatu permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan bantuan LKS Adaptif. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dalam pembelajaran fisika di SMK. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan antara kemampuan kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dalam pembelajaran fisika di SMK; (2) mengkaji perbedaan antara kemampuan psikomotorik siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dalam pembelajaran fisika di SMK; (3) mengkaji perbedaan antara kemampuan afektif siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dalam pembelajaran fisika di SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X TKR. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized post-test only control group. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan analisis data, hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) hasil belajar siswa > 0.05 maka H 0 diterima, H ditolak. Nilai Sig. (2-tailed) kemampuan kognitif siswa < 0,05 sehingga H a a diterima, H ditolak. Nilai Sig. (2-tailed) kemampuan psikomotorik siswa > 0.05 maka H ditolak. Nilai Sig. (2-tailed) kemampuan afektif siswa < 0.05, maka dapat diartikan H a diterima, H ditolak. Berdasarkan analisis data, secara umum dapat disimpulkan tidak ada 0 perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif kelas X TKR di SMK Negeri 2 Jember. Secara khusus dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif kelas X TKR di SMK Negeri 2 Jember; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan psikomotorik siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif kelas X TKR di SMK Negeri 2 Jember tahun; (3) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan afektif siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif dan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS adaptif kelas X TKR di SMK Negeri 2 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11135
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository