Show simple item record

dc.contributor.authorRony Rahmawanto
dc.date.accessioned2013-09-19T05:48:02Z
dc.date.available2013-09-19T05:48:02Z
dc.date.issued2013-09-19
dc.identifier.nimNIM090210204162
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1112
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat membantu siswa memahami pelajaran IPS dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Landangan 01 kecamatan Kapongan kabupaten Situbondo dalam pelajaran IPS materi jenis-jenis sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran LT dengan media puzzle Tahun Ajaran 2011/ 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model LT menggunakan media puzzle mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Landangan 01 kecamatan Kapongan kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini,dilaksanakan di SDN Landangan 01 kecamatan Kapongan, dimulai pada tanggal 15 Oktober 2011 sampai tanggal 28 Oktober 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan Pelajaran 67,8%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 61,9%, diskusi dalam kelompok 66,6%, memecahkan soal saat diskusi 67,8%, menjawab pertanyaan 64,2%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 78,5%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 80,9%, diskusi dalam kelompok 79,7%, memecahkan soal diskusi 77,3%, dan menjawab pertanyaan 69%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 69,7% dan siklus II secara klasikal sebesar 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran LT menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,3% (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,08% (kriteria sangat aktif), dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,78% (2) Penerapan model pembelajaran LT menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran LT adalah 55 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 28%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,7 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 57%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 78 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 76%, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 14,7 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 8,3 Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran Learning Together menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Landangan 01 kecamatan Kapongan kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2011/ 2012, maka saran yang diberikan adalah (1) Dengan melihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan Penerapan model pembelajaran Learning Together menggunakan media puzzle sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar (2) Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai pertimbangan yang berguna untuk meningkatkan program pembelajaran dimasa yang akan dating (3) Berdasarkan hasil temuan penelitian masih ditemukan beberapa hambatan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami tata cara diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan selalu siap dalam menerima materi pembelajaran,. Hal tesebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu melaksanakan diskusi kelompok dengan baik dan benar (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204162;
dc.subjectMODEL LEARNING TOGETHER, PUZZLEen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS- JENIS SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL LEARNING TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SDN LANDANGAN 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record