• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL TEACHING WITH ANALOGIES (TWA) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI MA

    Thumbnail
    View/Open
    Fitria Rahmawati - 080210102033_1.pdf (255.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Fitria Rahmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar tentang kejadian alam. Salah satu penyebab sulitnya pembelajaran fisika antara lain karakteristik materi fisika yang bersifat abstrak sulit untuk divisualisasikan. Hal tersebut menimbulkan kesulitan siswa dalam menelaah konsep fisika yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Adapun model yang diterapkan yakni Model Teaching With Analogies (TWA). Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa dan retensi belajar fisika siswa antara yang menggunakan Model Teaching With Analogies (TWA) dan yang tidak menggunakan Model Teaching With Analogies (TWA). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di MA Negeri 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized post-test only control group. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai t hitung 6,68 dibandingkan dengan nilai t tabel 1,66, berdasarkan pedoman pedoman uji t t vii hitung > t maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian halnya dengan retensi belajar siswa diperoleh hasil nilai t hitung 3,651dibandingkan dengan nilai t tabel 1,66412, berdasarkan pedoman pedoman uji t t hitung > t tabel tabel maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan retensi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11113
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository