• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN MEDIA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Endah Catur Kusumastuti - 080210102023_1.pdf (342.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Endah Catur Kusumastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Secara empiris, berdasarkan hasil analisis penelitian terhadap rendahnya hasil belajar siswa disebabkan dominannya proses pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran ini suasana kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Meskipun demikian, guru lebih suka menerapkan model tersebut, sebab tidak memerlukan alat dan bahan praktik, cukup menjelaskan konsepkonsep yang ada pada buku ajar atau referensi lain. Masalah ini banyak dijumpai dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, perlu menerapkan strategi belajar yang dapat membantu siswa untuk memahami materi ajar dan aplikasi serta relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka memberikan hasil yang maksimal dalam proses belajar mengajar, maka model pembelajaran kolaboratif perlu dipadukan dengan metode eksperimen atau percobaan dengan bahan-bahan yang sederhana (percobaan sederhana). Percobaan dengan media yang sederhana mampu membangun komunitas berbasis pendidikan kreatif, membantu siswa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis, kreatif dan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif disertai media sederhana dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama menggunakan model pembelajaran kolaboratif disertai media sederhana pada pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember dengan responden penelitin kelas VIIA dan VIIB. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data dengan SPSS 16 menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,046 < 0,05 maka H a diterima, H ditolak. Beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen adalah sebesar 35,62, sedangkan beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol adalah sebesar 28,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan model pembelajaran kolaboratif disertai media sederhana dengan model konvensional. Hasil analisis aktvitas belajar siswa kelas eksperimen secara klasikal memiliki presentase 72,00%. Hal ini menunjukkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif tergolong aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11110
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository