Show simple item record

dc.contributor.authorDya Qurotul A’yun
dc.date.accessioned2013-12-20T04:41:57Z
dc.date.available2013-12-20T04:41:57Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210102004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11107
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada model pembelajaran kelompok, siswa cenderung menggantungkan penyelesaian tugas kepada teman. Sehingga mengakibatkan beberapa siswa yang tergolong kemampuan rendah semakin tidak paham dengan materi. Selain itu penyampaian materi tanpa media dinilai kurang efektif sehingga siswa malas belajar. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran beserta media yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika, kerjasama, dan motivasi belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa berperan aktif dalam proses belajar dengan bantuan multimedia audio visual dalam penyampaian materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) untuk mendeskripsikan kerjasama siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP, (3) untuk mengkaji motivasi belajar fisika siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Srono. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan kedua yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan kerjasama siswa kemudian ditentukan kriterianya. Dan teknik analisa data untuk permasalahan ketiga yaitu dengan angket motivasi siswa dan uji t. Data hasil belajar yang diperoleh yaitu nilai signifikansinya sebesar 0,015 lebih kecil dari = 0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Data kerjasama siswa yang diperoleh yaitu 85,25% tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil motivasi belajar fisika siswa yaitu 84,89% tergolong dalam kategori termotivasi. Dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0000 yang menunjukkan lebih kecil dari =0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual, (2) aktivitas kerjasama siswa selama mengikuti pelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual termasuk dalam katergori baik., dan (3) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102004;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Multimedia Audio Visual, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Multimedia Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record