PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X 4 SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, didapatkan sebuah
ringkasan tentang aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran, terdapat
54,76% aktif mmemperhatikan penjelasan guru; 51,20% aktif mencatat yang
diajarkan; 35,7% aktif bertanya dan 39,3% siswa aktif menjawab. Dan aktivitas
belajar siswa secara klaksikal adalah 54,17%. Selain itu, hasil belajar siswa kelas
X 4 juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil nilai ulangan
harian mata pelajaran fisika, dari 28 siswa terdapat 10,7% atau 3 siswa yang
mendapatkan nilai
≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 89,3% atau 25
siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penggunaan
model inkuiri terbimbing disertai media pembelajaran berbantuan macromedia
flash
dalam proses pembelajaran. Model inkuiri terbimbing merupakan model
pembelajaran dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dalam
pembelajaran dengan memberi pertanyaan dan mengarahkan pada suatu diskusi.
Siswa diberikan kesempatan untuk menemukan ide-ide sesuai pengetahuan di
dalam benaknya, berpikir kritis dan logis. Sedangkan media pembelajaran
berbantuan
macromedia flash, siswa diajak untuk melakukan eksperimen dengan
menggunakan animasi macromedia flash sehingga membuat siswa lebih tertarik
pada pelajaran fisika dan aktif dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan
aktivitas belajar fisika selama menggunakan model inkuiri terbimbing yang
disertai media pembelajaran berbantuan
macromedia flash pada siswa kelas X-4
SMA Negeri 2 Probolinggo. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan
hasil belajar fisika setelah menggunakan model inkuiri terbimbing yang disertai
media pembelajaran berbantuan
macromedia flash pada siswa kelas X-4 SMA
Negeri 2 Probolinggo.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sehingga subyek
penelitian sudah ditetapkan di kelas X 4 SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran
2011/2012 yang dimulai tanggal 10 April 2012 sampai dengan 7 Mei 2012.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas mengajar guru dan
aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, ketuntasan hasil
belajar selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I dan siklus II
serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas
memperhatikan penjelasan guru, melakukan percobaan, diskusi kelompok,
presentasi hasil dan menarik kesimpulan telah mengalami peningkatan dari prasiklus
ke siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 28,6%. Pada
siklus I ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 60,7% dan pada siklus II
ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 78,5%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II secara
keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas
menunjukkan model inkuiri terbimbing yang disertai media pembelajaran
berbantuan
macromedia flash dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran
yang menekankan pada kemampuan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif
sehingga siswa menemukan konsep fisika sendiri dengan melakukan eksperimen
langsung menggunakan media pembelajaran berbantuan
macromedia flash.