Show simple item record

dc.contributor.authorNAJIH, Mohammad
dc.date.accessioned2022-11-29T02:33:30Z
dc.date.available2022-11-29T02:33:30Z
dc.date.issued2022-09-15
dc.identifier.nim180210101153en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110953
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 29 November 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKonten quantity merupakan aspek matematika yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Soal PISA konten quantity merupakan soal matematika PISA yang berkaitan dengan hubungan dan pola bilangan. Kemampuan komunikasi matematika sangat diperlukan seseorang untuk menyampaikan ide, pemikiran dan gagasan melalui tulisan maupun lisan. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar pendidik dapat mengetahui kelemahan siswa dalam kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal berstandar PISA konten quantity. Sehingga, pendidik dapat merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis para siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dalam menyelesaikan soal berstandar PISA konten quantity. Kemampuan komunikasi matematis dikategorikan menjadi empat level diantaranya adalah level 0, level 1, level 2 dan level 3. Subjek penelitian ini adalah empat siswa SMK Negeri 2 Tegalsari diantaranya satu siswa berlevel komunikasi matematis 0, satu siswa berlevel komunikasi matematis 1, satu siswa berlevel komunikasi matematis 2 dan satu siswa berlevel komunikasi matematis 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berstandar PISA konten quantity dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan untuk menguatkan data hasil jawaban tes siswa Metode pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara dilakukan pada tanggal 17 Mei 2022 sampai dengan 24 Mei 2022. Hasil analisis data yang didapatkan yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Tegalsari dibagi menjadi 4 level yaitu level 0, level 1, level 2 dan level 3. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Tegalsari terdiri dari 37,03% siswa berlevel 0, 33,33 % siswa berlevel 1, 14,81% siswa berlevel 2 dan 14,81% siswa berlevel 3. Siswa berlevel kemampuan komunikasi matematis 0 dan 1 hanya dapat mencapai indikator menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan yang sesuai dengan permasalahan. Selain itu, siswa berlevel komunikasi matematis 1 juga dapat menuliskan strategi penyelesaian masalah dan penyelesaian masalah tetapi masih salah. Siswa berlevel kemampuan komunikasi matematis 2 dan 3 dapat mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis antara lain menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan yang sesuai dengan permasalahan, menggunakan strategi penyelesaian masalah yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan, menuliskan penyelesaian masalah dan kesimpulan. Namun, pada indikator menuliskan infomasi yang diketahui dan ditanyakan yang sesuai dengan permasalahan siswa berlevel kemampuan komunikasi matematis 2 tidak menuliskannya meskipun dapat menyebutkannya pada saat wawancara.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr.Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISen_US
dc.subjectPISA KONTEN QUANTITYen_US
dc.subjectMATERI POLA BILANGANen_US
dc.titleKemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Negeri 2 Tegalsari Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA Konten Quantity Pada Materi Pola Bilanganen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-15 November 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record