• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN KARANG KEDAWUNG 01 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAMA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN KARANG KEDAWUNG 01 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAMA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN KARANG KEDAWUNG 01 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN DRAMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Reni Astri Aprilianti_001.pdf (653.2Kb)
    Date
    2013-09-19
    Author
    Reni Astri Aprilianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas menulis, membaca, berbicara dan menyimak. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh kelas V adalah dapat berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi siswa yang menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Karang Kedawung 01 masih mengalami kesulitan dan masih dalam tingkat pemahaman yang kurang. Faktor kesulitan lain pada siswa dalam hal berbicara yaitu mereka merasa canggung untuk berbicara bahasa Indonesia melihat letak keadaan rumah yang berada di pedesaan. Selain itu, kurangnya penguasaan kosakata, keberanian siswa rendah dan rasa malu tinggi juga merupakan faktor kesulitan siswa dalam berbicara. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan strategi bermain drama untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan observasi, permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah proses penerapan strategi bermain drama yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Karang Kedawung 01dan (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara setelah diterapkan strategi bermain drama pada siswa kelas V SDN Karang Kedawung 01 Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Karang Kedawung 01 dengan menggunakan strategi bermain drama. Pembelajaran dengan menggunakan strategi bermain drama dilakukan dengan pembentukan kelompok. Guru menggunakan naskah drama sebagai media pembelajaran. Siswa memerankan peran sesuai dengan tokoh yang diperankan, namun kurang maksimal karena sebagian siswa masih ada yang canggung, malu dan keberaniannya kurang. Untuk itu guru memberikan materi yang lebih banyak agar siswa lebih aktif dan lancar dalam berbicara. Guru juga memberi motivasi pada siswa untuk lebih aktif, kreatif dan semangat dalam bermain drama agar peran yang dimainkan nantinya akan lebih menarik dan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kolaboratif. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitaif. Data-data yang di dapat dari observasi dan wawancara dianalisi secara kualitatif (dalam bentuk kata-kata) data- data tersebut dikaji untuk mengetahui bagaimana tindakan guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan data-data dari tes pada siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi bermain drama, kemampuan berbicara siswa kelas V setelah mengikuti pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data awal kemampuan berbicara siswa diketahui dari pemerolehan nilai prasiklus dengan rata-rata nilai siswa 50,6 dengan hanya sekitar 2 siswa (8%) yang mendapat nilai ≥60. Pada siklus I ketuntasan mencapai 32% atau rerata 8 siswa dan pada siklus II mencapai 88% atau rerata 22 siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dapat dikatakan baik setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi bermain drama. Saran-saran yang dapat diberikan: (1) guru, hendaknya menggunakan model pembelajaran dan strategi pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan memotivasi siswa untuk berkarya, (2) siswa, hendaknya lebih aktif dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan meningkatkan keberanian dalam berbicara serta dapat menanggapi pendapat temannya, (3) peneliti lain, hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1107
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository