STRATEGI PEMASARAN RITEL PADA CV. SENYUMINDO MEDIATAMA JEMBER
Abstract
Ritel adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa secara langsung kepada
konsumen akhir untuk penggunaan pribadi. Saat ini, banyak ritel yang berubah dari
ritel tradisional ke ritel modern. Ritel tradisional pengelolaannya masih secara
sederhana, sistem organisasi tidak terencana dengan jelas dan strategi pemasarannya
hanya pada waktu tertentu saja. Sedangkan ritel modern, sistem pengelolaannya
sudah terencana dengan baik, struktur organisasi sudah terbentuk secara jelas dan
strategi pemasarannya dilakukan secara terus-menerus.
CV. Senyumindo Mediatama Jember merupakan suatu bentuk usaha ritel di
Kota Jember berjenis specialty store, yang mengkhususkan penjualan kebutuhan
peralatan kantor dan alat tulis/ATK. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini
menggunakan konsep swalayan, grosir, pesan antar dan melayani proyek pemerintah
maupun swasta. Hal ini membuat perusahaan harus mengelola usahanya dengan baik
dan terorganisir agar mampu bersaing dengan para pesaing yang sejenis dan tetap
mampu melayani konsumen dengan baik. Salah satu yang harus dikelola dengan baik
dan terorganisir adalah strategi pemasarannya, karena mengingat CV. Senyumindo
Mediatama termasuk jenis ritel modern, sehingga strategi pemasaran ritel yang
dilakukan harus dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah
untuk mendeskripsikan strategi pemasaran ritel yang dilakukan oleh CV. Senyumindo
Mediatama Jember.
Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Hal tersebut dilakukan supaya didapatkan data yang
mendalam dan mempunyai tingkat kebenaran yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara secara in depth interview dalam penggambilan
data. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan
taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk
memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Penarikan
kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan metode induktif karena berawal dari
hal yang khusus dahulu kemudian diakhiri dengan hal yang umum.
Hasil penelitian ini adalah CV. Senyumindo Mediatama melakukan strategi
pemasaran ritel untuk tetap mampu bersaing dan tetap berada di benak konsumen.
Strategi pemasaran ritel yang dilakukan meliputi penentuan pasar sasaran,
mengembangkan format ritel yang meliputi menentukan lokasi yang strategis,
ketersediaan barang dagangan, promosi, penentuan harga, menciptakan suasana toko
yang nyaman serta melayani konsumen dengan baik. Selain itu, perusahaan
mengembangkan keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan melalui loyalitas
konsumen, pengelolaan karyawan, penggalian informasi mengenai produk,
repackaging (mengemas ulang) serta menjaga hubungan baik. Perusahaan juga telah
merencanakan strategi jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini dilakukan agar
perusahaan tetap menjadi perusahaan yang unggul.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah CV. Senyumindo Mediatama Jember
mampu menggunakan konsep strategi pemasaran ritel. Namun, dalam menjalankan
strategi-strateginya terdapat beberapa kekurangan dan harus diperbaiki perusahaan
agar tetap menjadi perusahaan yang unggul diantara para pesaing lainnya.