dc.contributor.author | FAHRUDIN, Danil Eka | |
dc.date.accessioned | 2022-11-06T22:16:40Z | |
dc.date.available | 2022-11-06T22:16:40Z | |
dc.date.issued | 2022-11-02 | |
dc.identifier.nim | 170210204151 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110605 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 7 Nopember 2022 | en_US |
dc.description.abstract | Aplikasi google classroommerupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan ruang kelas di dunia maya.Selain itu,google classroomdapatmenjadi sarana distribusi tugas,submittugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan.Berdasarkan hasil dengan guru dan siwa kelas 6SDN Sempusari 1 Jember, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran dalam jaringan melalui Google classroompertama kali dilakukan tanpa persiapan yang baik. Pembelajaran dalam jaringanberbasis Google Classroomdilakukan dengan keterbatasan bahwa tidak semua siswa yang dapat mengoperasikan teknologi dan mengakses google classroom.Jenis media yang sekarang berkembang sertamulai dipakai di masa pandemi covid-19 yaknigoogle classroom. Google classroomsebagai media atau alat yang dipakai siswa atau guru dalam menciptakan kelas online(Mu’minah & Gaffar, 2020:800-816). Guru bisa memberi tugas ataupun pengumuman ke siswanya secara daring. Penerapan google classroommerupakan media pembelajaran yang terlaksanakandengan baik, pemakaiannya mudah dipahami melalui tampilan secara menarik serta simpel,bisa pula dipakai dimanapun dan kapanpun, namun terhambat diakses internetnyadengan tidak adanyapaket internet,jaringan, serta kurangnyafasilitas pendukung yang lain.Pelaksanaan penelitian ini mengumpulkan data dengan cara wawancara dan menyebar kuisoner kepada siswa atau sampel penelitian. Beberapa indikator yang di uji dengan kuisoner/angket yang akan disebar dan hasil data akan dilakukan olah data. Hasil uji regresi linier sederhana menjelaskan nilai konstantanya sebesar 12,746 serta nilai variabel penggunaan google classroomsebesar 0,8. Kemudian pengujian dua sisi didapatnilai t tabel yakni1,7056.
Diketahui t hitung padavariabel penggunaan Google Classroomsebesar 1,844 > t-tabel (1,7056), maka Ho ditolak. Artinya, penggunaan Google Classroomberpengaruh signifikan terhadap pembelajaran dalam jaringan.Hasil penelitian di atas berkorelasi dengan pemaparanClass (2018:16), classroomdidesain guna mempermudahgurunya menghemat waktunya, melaksanakan pengelolaan kelas serta meningkatkan komunikasi bersama siswanya. Penggunaan google classroom meberikan pengaruh terhadap variabel pembelajaran daring sebesar 68%. Selain iti, adanya google classroomini bisa mempermudah siswanya dan gurunya saling terhubung di luar dan di dalam sekolah. Hasil penelitian di atas berkorelasi dengan pemaparanClass (2018:16), classroomdidesain guna mempermudah gurunya menghemat waktunya, melaksanakan pengelolaan kelas serta meningkatkan komunikasi bersama siswanya. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Google Classroom | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Pembelajaran Daring di Tema 8 Pada Siswa Kelas VI SDN Sempusari 1 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Hari Satriyono, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |