• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN LKS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-TPHP SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN PUGER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (835.2Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Mirisa Izzatun Haniyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI-TPHP SMK Perikanan dan Kelautan Puger tahun pelajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus 1, siklus 2, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar fisika siswa dengan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 13,59% yang termasuk dalam kriteria sangat kurang aktif. Pada siklus 1 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 73,42% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 82,14% yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50%. Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 76,67%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 93,33%. Dari hasil di atas menunjukkan model cooperative learning tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan LKS inkuiri dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsep.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11054
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository