• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SDN JATISARI 03 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Nur Afifah_001.pdf (317.3Kb)
    Date
    2013-09-19
    Author
    NUR AFIFAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari 03 Jenggawah. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran yang umumnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dan kurangnya media pembelajaran, sehingga siswa cenderung menghafal materi pembelajaran yang diberikan, sehingga membuat siswa merasa kurang menyenangi pelajaran IPS yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran IPS dengan melalui model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar pada siswa kelas III SDN Jatisari 03 tahun pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar pada siswa kelas III SDN Jatisari 03 tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jatisari 03 Jenggawah yang terdiri dari 27 siswa, 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 12 November 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus, yaitu siklus 1 dan siklus II, siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif m enganalisis data berupa observasi dan wawancara sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, dan hasil tes individu pada saat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berlangsung. Hasil analisis pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mencapai 72,6% sedangkan pada siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 79,25%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 74,07%, pada siklus II mencapai 88,9%. Hal ini berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,83%. Berdasarkan hasil analisis tersebut secara klasikal siswa kelas III mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS. Saran dari penelitian ini adalah bagi siswa, untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, dan kerjasama karena dalam pembelajaran ini menuntut keaktifan dan semangat siswa guna meningkatkan hasil belajar. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dengan media gambar dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan bagi sekolah, dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti, hasil penelitian ini akan memberikan bekal dalam memperoleh pengalaman penelitian secara ilmiah, serta menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peneliti dalam hal yang terkait dengan penggunaan model Snowball Throwing.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1102
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository