PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SDN JATISARI 03 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  hasil  observasi  yang  menunjukkan
rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatisari 03 Jenggawah. Hal
ini  disebabkan  pada  proses  pembelajaran  yang  umumnya  menggunakan metode
ceramah,  tanya  jawab,  dan  penugasan dan  kurangnya  media  pembelajaran,  sehingga
siswa cenderung menghafal materi pembelajaran  yang diberikan, sehingga membuat
siswa  merasa  kurang  menyenangi  pelajaran  IPS  yang  menyebabkan  hasil  belajar
siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran IPS dengan
melalui model pembelajaran Snowball Throwing dengan  media gambar. Rumusan
masalah dari  penelitian  ini  adalah:  (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar
siswa dalam  pembelajaran  IPS  menggunakan  model  pembelajaran Snowball
Throwing dengan media gambar pada siswa kelas III SDN Jatisari 03 tahun pelajaran
2011/2012? (2) bagaimanakah  peningkatan  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran
IPS  menggunakan  model  pembelajaran Snowball  Throwing dengan  media  gambar
pada siswa kelas III SDN Jatisari 03 tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini
untuk  meningkatkan  aktivitas  serta  hasil  belajar  siswa  setelah  diterapkannya
pembelajaran tersebut.
Penelitian  ini  dilaksanakan  di  kelas  III  SDN  Jatisari  03  Jenggawah  yang
terdiri dari 27 siswa, 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi
6  kelompok  yang  heterogen.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  Penelitian
Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 12  November 2011.  Penelitian  ini  dilakukan  sebanyak II siklus,  yaitu  siklus  1  dan
siklus II, siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan
tes. Teknik  analisi  data  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kualitatif  dan kuantitatif.
Deskriptif  kualitatif  m  enganalisis  data  berupa  observasi  dan  wawancara  sedangkan
deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu.
Data  yang  dikumpulkan  berupa  penilaian  aktivitas  siswa,  dan  hasil  tes
individu  pada  saat  menggunakan  model  pembelajaran Snowball  Throwing
berlangsung. Hasil  analisis  pada  siklus  I  persentase  rata-rata  aktivitas  siswa  secara
klasikal mencapai 72,6% sedangkan pada siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa
mengalami peningkatan sebesar 79,25%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus
I  mencapai  74,07%,  pada  siklus  II  mencapai  88,9%.  Hal  ini berarti  ketuntasan  hasil
belajar  siswa  mengalami  peningkatan  sebesar  14,83%.  Berdasarkan  hasil  analisis
tersebut secara klasikal siswa kelas III mencapai ketuntasan belajar.
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah penerapan  model  pembelajaran
Snowball  Throwing dapat  menciptakan  suasana  pembelajaran  yang  menyenangkan
sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di
atas,  maka  diharapkan  guru  dapat  menggunakan  model  pembelajaran Snowball
Throwing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS.
Saran dari  penelitian  ini  adalah  bagi  siswa,  untuk  meningkatkan  motivasi,
kreativitas,  dan  kerjasama  karena  dalam  pembelajaran  ini  menuntut  keaktifan  dan
semangat  siswa  guna  meningkatkan  hasil  belajar.  Bagi  guru, berdasarkan  hasil
penelitian  dengan  menerapkan  model  pembelajaran Snowball  Throwing dengan
media gambar dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam
meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa. Sedangkan  bagi  sekolah,  dapat
memberikan  sumbangan  pemikiran dalam  meningkatkan  mutu  pendidikan.  Bagi
peneliti, hasil penelitian  ini akan memberikan bekal dalam memperoleh pengalaman
penelitian  secara  ilmiah,  serta  menambah  wawasan,  pengetahuan,  dan  keterampilan
peneliti dalam hal yang terkait dengan penggunaan model Snowball Throwing.