• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) JIGSAW IV DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (352.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Gilang Adi Permana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan one group post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa. Pada analisis data, diperoleh bahwa nilai , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima untuk kedua rumusan masalah. Sedangkan, analisis data menggunakan uji juga untuk mengetahui perbedaan retensi hasil belajar fisika siswa. Pada analisis data, diperoleh bahwa nilai , maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak untuk kedua rumusan masalah. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Jigsaw IV disertai metode Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP. Hal ini disebabkan, pada model ini, memberikan kesempatan siswa untuk aktif dengan siswa bereksperimen dalam kelompok ahli, menginformasikan hasil eksperimen dalam kelompok asal, dan mengerjakan kuis setelah bekerja dalam kelompok ahli dan asal untuk memeriksa ketelitian sismen. Kesimpulan yang kedua adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara retensi hasil belajar Fisika siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Jigsaw IV disertai metode Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP. Hal ini disebabkan oleh adanya tahapan review proses dan re-teaching sehingga daya ingat siswa akan lebih kuat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11016
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository