Show simple item record

dc.contributor.authorASTUTIK, Anisa Yulia Nur
dc.date.accessioned2022-10-12T02:48:29Z
dc.date.available2022-10-12T02:48:29Z
dc.date.issued2022-06-16
dc.identifier.nim180210201041en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110098
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 12 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractBerdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, angka kemiskinan di Kota Blitar pada tahun 2020 sebesar 465.868. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dan pemerintah daerah Kota Blitar terus gencar dengan program bantuan sosial sebagai upaya mengurangi kemiskinan di Kota Blitar. Namun, penerima manfaat belum bisa mengoptimalkan dan mengembangkan bantuan untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya sebab masih terjadi peningkatan jumlah kemiskinan di Kota Blitar sampai saat ini. Sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kreatifitas penerima manfaat dengan program pelatihan ecoprint. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan model context input process product (CIPP). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan model context input process product (CIPP). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program pelatihan ecoprint pada program Pejuang Muda di Kota Blitar agar dapat diambil langkah selanjutnya terkait program pelatihan ecoprint tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan purposive area sehingga dipilih Kota Blitar. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data penelitian kualitatif dengan teks bersifat naratif, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian temuan evaluasi aspek konteks tujuan program yaitu untuk meningkatkan keterampilan keluarga penerima manfaat (KPM) sehingga dapat digunakan untuk berwirausaha dan menciptakan produk yang bernilai ekonomi. Tujuan ini sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh keluarga penerima manfaat (KPM). Berdasarkan hasil temuan evaluasi aspek masukan program ini dapat dikategori baik. Dilihat dari sumber daya manusia yang sudah sesuai dengan kebutuhan, strategi program yang sudah direncanakan, sarana dan prasarana yang memadai, serta dana untuk pelaksanaan program mencukupi untuk kegiatan operasional dan telah dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan program. Berdasarkan hasil temuan evaluasi aspek proses dapat dikatakan dalam kategori baik, karena selama proses pelaksanaan program pelatihan ecoprint berjalan lancar sesuai yang diharapkan pelaksana dan juga sesuai dengan kebutuhan. Selain itu hambatan yang terjadi dapat diatasi pada saat program pelatihan ecoprint berlangsung. Berdasarkan temuan evaluasi aspek produk semua peserta pelatihan dapat mempraktekkan dan menghasilkan totebag ecoprint yang bagus. Namun setelah program berakhir, peserta pelatihan belum dapat mengimplementasikan kembali pembuatan ecoprint. Kesimpulan dalam penelitian ini ketercapaian program pelatihan ecoprint ini belum tercapai. Karena hanya tujuan jangka pendek yang tercapai yaitu meningkatkan keterampilan keluarga penerima manfaat (KPM) sedangkan untuk tujuan jangka panjangnya tidak tercapai karena keluarga penerima manfaat (KPM) belum dapat berwirausaha dan menciptakan hasil karya yang bernilai ekonomi dari ecoprint karena tidak adanya implementasi dan pendampingan untuk keberlanjutan program. Saran untuk penyelenggara program selanjutnya, program pelatihan ecoprint kedepannya dapat dilaksanakan kembali disertai dengan pendampingan dan pengarahan dalam proses pemasaran agar keterampilan yang didapat oleh peserta tidak hanya berhenti sampai disitu saja.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. H. A. T. Hendrawijaya, S. H., M. Kes, Dosen Pembimbing Anggota : Fuad Hasan, S.Pd., M. Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPELATIHAN ECOPRINTen_US
dc.subjectPROGRAM PEJUANG MUDAen_US
dc.subjectKOTA BLITARen_US
dc.subjectCONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP)en_US
dc.titleEvaluasi Program Pelatihan Ecoprint: Studi pada Program Pejuang Muda di Kota Blitar dengan Model Context Input Process Product (CIPP)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. H. A. T. Hendrawijaya, S. H., M. Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Fuad Hasan, S.Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record