Show simple item record

dc.contributor.authorFATMASARI, Yuliana
dc.date.accessioned2022-10-11T02:18:10Z
dc.date.available2022-10-11T02:18:10Z
dc.date.issued2022-07-18
dc.identifier.citationSetiap tindakan kebahasaan seseorang selalu mengandung motif subjektif yang diungkapkan melalui bahasa pada aktivitas komunikasi di dalam sebuah interaksi sosial.en_US
dc.identifier.citationSetiap tindakan kebahasaan seseorang selalu mengandung motif subjektif yang diungkapkan melalui bahasa pada aktivitas komunikasi di dalam sebuah interaksi sosial.
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110034
dc.descriptionPenelitian ini membahas tentang Etnografi Komunikasi pada bidang pelayanan publik di Plasa Telkom Jemberen_US
dc.description.abstractInteraksi komunikatif yang terjadi antara CSRS dan pelanggan menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, hal itu dikarenakan adanya pola-pola dan sebuah manajemen emosi yang dilakukan oleh petugas CSRS untuk menghadapi pelanggan yang memiliki macam atau variasi budaya, karakter, dan emosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tinjauan etnografi komunikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi dan bahasa digunakan dalam praktek budaya pelayanan publik pada: (1) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan modifikasi paket Indihome, (2) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan keluhan atau protes atas layanan dan paket Indihome, dan (3) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan petunjuk atau bantuan permasalahan pelayanan dan paket Indihome. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan pemanfaatan dokumen yang dianalisis menggunakan pendekatan emik dengan metode analisis oleh James P Spradley yang membagi teknik analisis berupa analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya relasi antara pola komunikasi dalam pelayanan oleh CSRS dengan COC atau SOP yang diberlakukan oleh Plasa Telkom Jember. Pola yang terbentuk dalam aktivitas pelayanan ini berupa pola komunikasi dialogis yang bersifat direktif. Tema budaya yang melandasi adanya interaksi komunikatif pada aktivitas pelayanan tersebut empatif, keterbukaan, percaya, tanggungjawab, ramah, dan solutif. Kata kunci: interaksi komunikatif, CSRS dan pelanggan, pola komunikasi dan COC atau SOP, tema budaya, aktivitas pelayanan publik.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Kusnadi, M.A. (Dosen Pembimbing) Drs. Andang Subahariyanto, M.Hum.(Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectAntara Csrsen_US
dc.subjectPelanggan Indihomeen_US
dc.titleInteraksi Komunikatif dalam Aktivitas Pelayanan antara CSRS dan Pelanggan Indihome di Plasa Telkom Jember: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 11 Oktober 2022_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record