• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WIROLEGI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Rully A. Devitasari_1.pdf (428.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    RULLY AITANA DEVITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode diskusi dengan media gambar merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, dapat melatih siswa dalam mengambil suatu keputusan, melatih kerjasama dalam kelompok, dan dengan media gambar dapat mempermudah siswa memahami materi karena guru memberikan contoh-contoh konkrit serta meberikan variasi kegiatan pembelajaran. Diharapkan dalam pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: Penelitian ini dilakukan pada kelas V semester ganjil SDN Wirolegi 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Metode penentuan daerah penelitian adalah purposive area yaitu SDN Wirolegi 02 Jember pada kelas V yang berjumlah 25 siswa, pada tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data viii yang digunakan adalah analisis data hasil tes, analisis data observasi dan data analisis data wawancara; Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dengan media gambar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN wirolegi 02 Jember. Peningkatan aktivitas belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 68 % dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 71,73% dengan kriteria aktif. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata rata 60% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar pada 80% pada siklus II sehingga mencapai klasikal sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dengan media gambar, siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi pokok kenampakan alam dan kenampakan buatan di Indonesia. Saran yang diberikan adalah persiapan yang dilakukan dalam menerapkan metode diskusi dengan media gambar harus lebih diperhatikan, dan metode diskusi dengan media gambar dapat dijadikan sebagai latihan membiasakan siswa dalam menyampaikan gagasan atau pendapat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11002
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository