• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (378.0Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Eka Triana Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan desain control group pre – test post – test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga, menggunakan persentase aktivitas klasikal untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai dan nilai = 1,98 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Deep Dialogue And Critical Thinking (DDCT) dengan Strategi Problem Solving diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 74,47 % dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui retensi hasil belajar diperoleh nilai sehingga , maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak.. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) dengan Strategi Problem Solving dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2010/2011. (2) Aktivitas belajar siswa kelas IPA SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) dengan Strategi Problem Solving lebih aktif jika dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran konvensional. Sedangkan aktivitas yang terangkat dalam penelitian ini adalah 3 dari 8 jenis aktivitas. (3) Retensi hasil belajar siswa kelas IPA SMA Negeri Rambipuji tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue and Critical Thinking (DDCT) dengan Strategi Problem Solving tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11001
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository