Show simple item record

dc.contributor.authorFADEL, Mohamad
dc.date.accessioned2022-10-10T12:47:01Z
dc.date.available2022-10-10T12:47:01Z
dc.date.issued2021-06-02
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110000
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 10 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractMeningkatnya berbagai macam usaha bisnis membuat para pelaku usaha wajib memikirkan dan menerapkan strategi pemasaran yang inovatif agar tetap dapat bersaing dan mampu menjalankan bisnisnya. Strategi pemasaran adalah proses perencanaan yang berlangsung secara terus menerus dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Setiap perusahaan menerapkan strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan lain, salah satunya adalah strategi bauran pemasaran marketing mix 7P yang meliputi product, price, place, promotions, people, process, dan physical evidence. Puasinjember katering merupakan bisnis rumahan yang menjual berbagai macam produk nasi dan kue, berlokasi di Jalan Ledjen Suprapto nomor 90, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Semakin banyaknya pesaing katering baru yang harus dihadapi oleh Puasinjember menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Puasinjember Katering agar dapat tetap bertahan dan bersaing ditengah banyaknya pesaing baru yang muncul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran pada Puasinjember Katering yang berlokasi di Jember. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Puasinjember Katering yaitu strategi bauran pemasaran marketing mix 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Puasinjember Katering menjual 9 macam paket produk kue, 7 macam paket produk nasi kotak, dan 3 paket katering nasi dengan jumlah total 19 produk. Harga produk yang ditawarkan mulai dari Rp 6.500 – Rp 200.000. Proses pendistribusian produk dapat dilakukan dengan cara diantar langsung ke tempat pemesan maupun diambil ke rumah produksi. Strategi promosi yang dilakukan oleh Puasinjember Katering meliputi word of mouth, personal selling, social media marketing, advertising, sales promotion, public relation, dan direct marketing. Puasinjember Katering memiliki karyawan dengan kriteria khusus yang bekerja dalam divisi dapur dan transportasi, banyaknya karyawan yang bekerja di Puasinjember tergantung dari banyaknya pesanan yang diterima setiap harinya. Puasinjember Katering menerapkan proses pelayanan dan alur pemesanan yang memudahkan bagi pembeli dengan memperhatikan dan mengutamakan kepuasan pembeli. Pembelian bahan baku dan pemrosesan produk sengaja dilakukan beberapa jam sebelum hari yang telah ditentukan agar kualitas produk dapat tetap terjaga dan fresh, apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman produk maka owner siap memberikan satu kotak susu gratis untuk pembeli. Sistem penyesuaian budget, free ongkir hingga bonus makan dan minum gratis bagi pengisi materi acara seminar siap diberikan ketika melakukan kerjasama sponsorship bersama dengan Puasinjember Katering.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M Dosen Pembimbing Drs. Sutrisno, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPemasaranen_US
dc.subjectMarketing Mix 7Pen_US
dc.subjectKateringen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Marketing Mix 7P pada Puasinjember Katering di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record