Show simple item record

dc.contributor.authorSAHA, Sulaiman
dc.date.accessioned2022-10-10T04:59:41Z
dc.date.available2022-10-10T04:59:41Z
dc.date.issued2021-07-12
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109920
dc.description.abstractPembelajaran bahasa sangat penting bagi perkembangan anak-anak. Untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, anak dituntut untuk mempunyai kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa anak di antaranya dipetoleh dari pendidikan formal. Melalui pendidikan formal kemampuan berbahasa anak dapat dikembangkan dengan bantuan para guru bahasa yang mengajarkan bahasa berdasatkan kurikulum. Pembelajaran bahasa di sekolah tidak selalu berjalan dengan maksimal. Banyak hal yang menjadi kendala bagi sekolah dalam rangka mengembangkan kemampuan berbahasa siswa. Permasalahan tersebut menyangkut berbagai aspek, seperti siswa, guru, kurikulum, materi pelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian. Permasalahan pembelajaran bahasa sebagaimana dikemukakan juga terjadi di Taman didikan kanak-kanak (Tadika) Al Hidayah Bendang Jerambung Thailand Selatan.. Penelitian problemtikan pembelajaran bahasa Melayu Patani pada Tadika Al-Hidayah Bendang Jerambung Thailand Selatan perlu dideskripsikan untuk memahami keadaan pembelajaran secara nyata memberikan alternatif/ide pemecahan masalah pemetaan awal masalah pembelajaran bahasa melayu sebab lembaga pendidikan ini merupakan jenjang pendidikan terawal yang ditempuh oleh masyarakat Patani, berbasis keagaam dan kebangsaan. Karena memiliki peran yang amat penting dalam mempertahankan identitas masyarakat Patani. Berdasarkan hal ini, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) problematika pemahamaan linguistik Bahasa Melayu Patani pada siswa, (2) problematika metodologis pembelajaran bahasa Melayu Patani pada siswa, (3) alternatif solusi pada permasalahan pemahaman linguistik dan metode logis pembelajaran Bahasa Melayu Patani pada siswa Tadika Al-Hidayah Bendang Jerambung Thailand Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan penelitian adalah kualitatif. Data penelitian berupa kata dan tindakan pelaku pembelajaran serta kata guru dan siswa saat wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu video pembelajaran dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data berupa penugasan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga hal, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrument penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur peneltiian terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab terjadinya problematika Linguistik bahasa Melayu pada Tadika Al Hidayah Bendang Jerambung Thailand Selatan, yaitu kegiatan literasi kurang, kebiasaan penggunaan bahasa sehari-hari, kurang keseriusan waktu belajar dalam kelas. Faktor-faktor penyebab terjadinya problematika metodelogis pembelajaran bahasa Melayu pada siswa Sekolah Tadika Al-Hidayah Bendang jerambung Thailand Selatan. Disebabkan guru tidak lulusan khusus bahasa Melayu hanya mempelajari lewat buku-buku bacaan, guru kurang kreatifitas dalam mengembankan materi secara mandiri oleh karena kurang pengalaman masih mengunakan metode tradisonal terpaku dengan pendidikan tradisional siswa hanya mendapat pengetahuan dari satu sumber saja. Solusi pada permasalahan pemahaman Linguistik bahasa Melayu pada siswa Sekolah Tadika Al-Hidayah Bendang jerambung Thailand Selatan. Guru perlu melakukan kegiatan literasi dalam pembelajaran, untuk mendorongkan siswa membaca dan memahami isi bacaan sebelum memulai pembelajaran serta memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan demontrasi di depan kelas untuk menilai pengetahuan dan keterampilannya dan siswa selalu dilatih untuk menggunakan bahasa Melayu saat berkomunikasi baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Sedangkan Solusi pada permasalahan metodelogis pembelajaran bahasa Melayu Guru harus menguasai berbagai macam metode pembelajaran dan dalam menentukan metode guru harus menyesesuaikan dengan isi pelajaran agar memudahkan siswa menerima serta memahami materi yang sampaikan. Jelas Sekolah sendiri harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan sarana dan prasarana untuk memudahkan guru dalam menerapkan metode pengajaranen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Anita Widjajanti S.S., M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBAHASA MELAYUen_US
dc.subjectTAMAN DIDIKAN KANAK-KANAK (TADIKA)en_US
dc.subjectPROBLEMATIKA PEMBELAJARANen_US
dc.titleProblematika Pembelajaran Bahasa Melayu pada Taman didikan Kanak kanak TADIKA Al-Hidayah Bendang Jerambung Thailand Selatanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 10 Oktober 2022_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record