• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PERIKLANAN MEDIA LUAR RUANG PADA PERUSAHAAN ROKOK GAGAK HITAM BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Ulul Miftahul Huda_1.pdf (818.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Ulul Miftahul Huda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Iklan merupakan salah satu bentuk pemasaran yang digunakan dalam memperkenalkan suatu produk. Iklan mempunyai fungsi sebagai informasi, memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan suatu produk. Penggunaan media iklan juga menentukan dalam penyampaian materi pesan iklan. Ada 2 macam bentuk media iklan, yaitu media lini atas (above the line) dan media lini bawah (below the line). Media lini atas (above the line) masih terdapat pembagian lagi yaitu media elektronik, media cetak dan media luar ruang. Media lini bawah below the line) terdiri dari dirrect mail, pameran, point of display material, kalender, agenda, gantungan kunci, atau tanda mata. Penelitian ini lebih mengkhususkan pada media iklan luar ruang yang digunakan oleh Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso meliputi spanduk, banner toko, neon box, poster, baliho, papan reklame atau billboard, umbul-umbul dan iklan angkutan. Materi pesan iklan tersebut awal mulanya dirumuskan oleh tim riset dari perusahaan dan selanjutnya melakukan pembuatan media dan pemasangan pada lokasi-lokasi tertentu yang menjadi fokus sasaran dari perusahaan. Sasaran jangka panjang dari Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso dalam penggunaan media iklan luar ruang dalam pemasaran adalah untuk dapat menciptakan citra merek terhadap konsumen dan dalam jangka pendek hanya berfungsi sebagai pesan informatif, mengingatkan dan membujuk atau mempengaruhi. Agar kedua sasaran tersebut dapat diperoleh dalam sekaligus, perusahaan memerlukan strategi periklanan dalam melaksanaan kegiatan iklan tersebut. Proses pembuatan strategi periklanan media luar ruang yang digunakan oleh Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset. perusahaan memerlukan strategi periklanan dalam melaksanaan kegiatan iklan tersebut. Proses pembuatan strategi periklanan media luar ruang yang digunakan oleh Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset oleh Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset dari divisi pemasaran dalam mengukur dan merumuskan dari berbagai bentuk kegiatan pemasaran. Kegiatan tersebut berupa pengumpulan informasi segmentasi pasar dan selanjutnya diarahkan pada pasar sasaran berdasarkan tujuan dari perusahaan. Setelah di dapat arah pasar sasaran mereka, informasi tersebut yang akan dijadikan pedoman dalam pembuatan media iklan luar ruang. Perusahaan Rokok Gagak Hitam melakukan strategi iklan pada penonjolan logo perusahaan berupa tulisan dan simbol burung gagak hitam. Setelah rumusan materi pesan iklan selesai dilanjutkan dengan penentuan lokasi penempatan iklan media luar. Pelaksanaan strategi penentuan lokasi iklan media luar ruang secara umum ditempatkan pada posisi-posisi strategis, yaitu pada titik-titik keramaian dan ruangruang publik. Misalnya pada pasar, berbagai kegiatan yang disponsori oleh perusahaan, tempat ibadah, dan instansi pemerintahan. Salah satu strateginya adalah penempatan lokasi iklan media luar ruang pada instansi pemerintah daerah. Sekarang ini instansi yang sudah bekerja sama dengan perusahaan adalah kantor Polisi Sektor (Polsek) dan tempat Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) di Bondowoso dan kabupaten yang menjadi wilayah pemasarannya. Kerja sama yang sudah berjalan selama 5 tahun ini menggunakan media iklan luar ruang berjenis papan reklame dan neon box. Inisiatif untuk menempatkan iklan media luar ruang di seluruh lokasi tersebut sebagai bentuk kontribusi perusahaan terhadap Kabupaten Bondowoso dalam pembentukan ikon produk lokal asli Bondowoso. Selain itu, dengan kerjasama tersebut perusahaan juga dapat membatasi ruang gerak iklan media luar ruang produk lain terutama produk yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10991
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository