STRATEGI PERIKLANAN MEDIA LUAR RUANG PADA PERUSAHAAN ROKOK GAGAK HITAM BONDOWOSO
Abstract
Iklan merupakan salah satu bentuk pemasaran yang digunakan dalam
memperkenalkan suatu produk. Iklan mempunyai fungsi sebagai informasi,
memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan suatu produk. Penggunaan media
iklan juga menentukan dalam penyampaian materi pesan iklan. Ada 2 macam bentuk
media iklan, yaitu media lini atas (above the line) dan media lini bawah (below the
line). Media lini atas (above the line) masih terdapat pembagian lagi yaitu media
elektronik, media cetak dan media luar ruang. Media lini bawah below the line)
terdiri dari dirrect mail, pameran, point of display material, kalender, agenda,
gantungan kunci, atau tanda mata. Penelitian ini lebih mengkhususkan pada media
iklan luar ruang yang digunakan oleh Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso
meliputi spanduk, banner toko, neon box, poster, baliho, papan reklame atau
billboard, umbul-umbul dan iklan angkutan. Materi pesan iklan tersebut awal
mulanya dirumuskan oleh tim riset dari perusahaan dan selanjutnya melakukan
pembuatan media dan pemasangan pada lokasi-lokasi tertentu yang menjadi fokus
sasaran dari perusahaan.
Sasaran jangka panjang dari Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso
dalam penggunaan media iklan luar ruang dalam pemasaran adalah untuk dapat
menciptakan citra merek terhadap konsumen dan dalam jangka pendek hanya
berfungsi sebagai pesan informatif, mengingatkan dan membujuk atau
mempengaruhi. Agar kedua sasaran tersebut dapat diperoleh dalam sekaligus,
perusahaan memerlukan strategi periklanan dalam melaksanaan kegiatan iklan tersebut. Proses pembuatan strategi periklanan media luar ruang yang digunakan oleh
Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset.
perusahaan memerlukan strategi periklanan dalam melaksanaan kegiatan iklan
tersebut. Proses pembuatan strategi periklanan media luar ruang yang digunakan oleh
Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset oleh
Perusahaan Rokok Gagak Hitam Bondowoso berawal dari adanya tim riset dari divisi
pemasaran dalam mengukur dan merumuskan dari berbagai bentuk kegiatan
pemasaran. Kegiatan tersebut berupa pengumpulan informasi segmentasi pasar dan
selanjutnya diarahkan pada pasar sasaran berdasarkan tujuan dari perusahaan. Setelah
di dapat arah pasar sasaran mereka, informasi tersebut yang akan dijadikan pedoman
dalam pembuatan media iklan luar ruang. Perusahaan Rokok Gagak Hitam
melakukan strategi iklan pada penonjolan logo perusahaan berupa tulisan dan simbol
burung gagak hitam. Setelah rumusan materi pesan iklan selesai dilanjutkan dengan
penentuan lokasi penempatan iklan media luar.
Pelaksanaan strategi penentuan lokasi iklan media luar ruang secara umum
ditempatkan pada posisi-posisi strategis, yaitu pada titik-titik keramaian dan ruangruang
publik. Misalnya pada pasar, berbagai kegiatan yang disponsori oleh
perusahaan, tempat ibadah, dan instansi pemerintahan. Salah satu strateginya adalah
penempatan lokasi iklan media luar ruang pada instansi pemerintah daerah. Sekarang
ini instansi yang sudah bekerja sama dengan perusahaan adalah kantor Polisi Sektor
(Polsek) dan tempat Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) di Bondowoso dan kabupaten
yang menjadi wilayah pemasarannya. Kerja sama yang sudah berjalan selama 5 tahun
ini menggunakan media iklan luar ruang berjenis papan reklame dan neon box.
Inisiatif untuk menempatkan iklan media luar ruang di seluruh lokasi tersebut sebagai
bentuk kontribusi perusahaan terhadap Kabupaten Bondowoso dalam pembentukan
ikon produk lokal asli Bondowoso. Selain itu, dengan kerjasama tersebut perusahaan
juga dapat membatasi ruang gerak iklan media luar ruang produk lain terutama
produk yang sejenis.