Show simple item record

dc.contributor.authorMIRANDA, Pinky Rihena Devi
dc.date.accessioned2022-10-10T02:46:25Z
dc.date.available2022-10-10T02:46:25Z
dc.date.issued2021-07-29
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109893
dc.description.abstractNilai karakter merupakan hal yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap orang. Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang pada tanggal 16 Oktober 2020 menunjukkan bahwa nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa menurun selama dilaksanakan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil wawancara tersebut maka perlu ditingkatkannya nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas IV. Penguatan nilai karakter jujur dan disiplin pada kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang menggunakan pendekatan interdisipliner dan mengimplementasikan tari remo dalam kesenian ludruk sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Melalui tari remo siswa dapat mempelajari dan mengingat setiap gerakan yang mengandung nilai-nilai karakter yang dapat meningkatkan karakter jujur dan disiplin terhadap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam tari remo pada kesenian ludruk? Bagaimanakah tari remo dalam kesenian ludruk dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang? Jenis dan rancangan dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dari penelitian ini yaitu deskripsi nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada tari remo untuk meningkatkan nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa. Sumber data penelitian ini diperoleh dari gerakan tari remo yang mengandung nilai-nilai karakter jujur dan disiplin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 nilai karakter dalam gerakan tari remo antara lain; nilai karakter jujur yang diperoleh dari gerak tindak yang berarti kejujuran para pahlawan yang berjuang dengan gigih tanpa melakukan kecurangan dan tidak melanggar aturan yang ada; nilai karakter disiplin yang diperoleh dari gerakan lawung yang berarti kedisiplinan para prajurit ketika hendak melawan penjajah; nilai karakter religius, nilai religius ini diperoleh dari gerakan gedrug dan ayam alas. Gerakan gedrug baik gedrug lombo maupun gedrug rangkep yang berarti manusia lahir di bumi karena kekuasaan Tuhan, serta gerakan ayam alas yang berarti ada saatnya manusia akan meninggalkan dunia dan kembali kepada Tuhan sang pencipta; nilai karakter tanggungjawab yang diperoleh dari gerakan gandewa yang berarti sikap tanggungjawab pahlawan dalam melindungi rakyat Indonesia dari para penjajah; nilai karakter peduli sosial yang diperoleh dari gerakan ikét yang berarti manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Gerak yang sering muncul dalam tari remo yaitu gerak ikét sehingga nilai karakter peduli sosial lebih ditonjolkan dalam tarian ini. Tari remo dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai-nilai karakter jujur dan disiplin pada siswa kelas IV SDN Banjaragung 2 Jombang, selain itu tari remo juga dapat digunakan sebagai alternatif penguatan nilai peduli sosial. Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, dapat memberikan pembiasaan yang lebih intens untuk menguatkan nilai karakter jujur dan disiplin kepada siswa dengan menggunakan alternatif tari remo, bagi peneliti, implementasi tari remo sebagai alternatif penguatan nilai karakter jujur dan disiplin dapat menggunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti whatsapp atau youtube agar memudahkan siswa dalam mengakses materi pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tari remo sebagai alternatif penguatan nilai peduli sosial pada siswa kelas IV.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Yayuk Mardiati, M.A. Dosen Pembimbing Anggota : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.subjectJujur dan Disiplinen_US
dc.subjectKesenian Ludruken_US
dc.titlePenguatan Nilai-nilai Karakter Jujur dan Disiplin melalui Kesenian Ludruk Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Banjaragung 2 Kabupaten Jombangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.validatorValidasi unggah file repository_M. Arif Tarchimansyah
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 10 Oktober 2022_M. Arif Tarchimansyah


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record