Show simple item record

dc.contributor.authorMOCHTAR, Titania Margareta
dc.date.accessioned2022-10-05T12:50:38Z
dc.date.available2022-10-05T12:50:38Z
dc.date.issued2022-06-23
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109788
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 5 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractBagi sebuah perusahaan besar, sedang, kecil atau virtual yang berorientasi kepada keuntungan, pastilah selalu memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Untuk memperoleh keuntungan dan mencapai tujuan tersebut sebuah perusahaan haruslah memiliki kegiatan administrasi seperti mencatat, mengelola,dan menghimpun berbagi informasi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Kegiatan – kegiatan administrasi yang dilakukan dalam sebuah perusahan besar maupun perusahaan kecil memiliki kesesuaian dengan kopetensi dan ilmu yang didapat selama menempuh mata kuliah kesekretariatan pada prodi D3 Kesekretaritan terkusus dalam ilmu pelayanan publik dan administrasi sesuai dengan judul yang penulis bahas. Dalam sebuah perusahaan pada setiap bidang maupun sektornya akan memiliki sebuah kegiatan administrasi yang dibutuhkan oleh orang lain untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. Pada kenyataannya, administrasi bisa diumpamakan sebagai aliran informasi dalam suatu perusahaan, baik tersaji dalam sebuah data atau dokumen. Menurut Ali (2007: 148) dalam pengertian sempit administrasi dapat diartikan sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan ketatausahaan ( clerical work ) seperti misalnya segala sesuatu yang berhubungan dengan catat-mencatat, surat menyurat, penataan, kearsipan, pengisian atau pengerjaan berbagai jenis formulir. Pelayanan pelanggan merupakan usaha yang berpusat pada kegiatan melayani pelanggan baik menghimpun dan mengelola informasi yang akan dibutuhkan. Ini berarti bahwa tidak ada aktivitas dalam perusahaan tanpa adanya kegiatan administrasi. Namun tidak serupa dengan jenis kegiatan administrasi lainya, kegiatan administrasi dalam pelayanan pelanggan memiliki ciri-ciri tertentu, diakibatkan karena fungsi dan sifat perusahaan itu berada dan berlangsung, dalam hal ini kebutuhan pelayanan administrasi konsumen yang menjadi fokus utamanya. Ciri utama dalam administrasi dari pelayanan pelanggan iyalah pada pelayanan konsumen seperti membuat dan mengelolah data yang nantinya informasi tersebut akan dibutuhkan oleh para konsumen. Pelayanan administrasi bagi pelanggan mempunyai bagian yang begitu penting dalam sebuah lembaga atau perusahaan, terutama apabila perusahaan tersebut sering berinteraksi dengan para konsumen. Pelayanan pelanggan merupakan sebuah kegiatan yang umumnya dilakukan untuk menciptakan serta mengembangkan dan mempertahankan sikap saling mengerti antara suatu lembaga atau perusahaan dengan para konsumenya. Hal itu diakibatkan karena kegiatan pelayanan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lebaga atau perusahaan. Pelayann pelanggan juga bertanggung jawab untuk membentuk citra perusahaan dimata publik, semakin baik pelayanan pelanggan maka akan semakin bagus juga citra peusahaan dimata konsumen.. Fungsi dari kegiatan administrasi pelayanan pelanggan itu sendiri adalah agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal yaitu perluasan informasi perusahaan yang dibutuhkan oleh para konsumen. UMKM D’Zeera adalah salah satu Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah yang berdiri dan berkembang di kabupaten Cilacap Jawa Tenga. UMKM tersebut bergerak dibidang fashion kusunya pada pakaian muslim. Dalam hal tersebut UMKM D’Zeera telah mengeluaran produk dan memiliki merek sendiri, yang mana merek tersebut sudah berkembang luas di Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut yang bertitik tolak dari pentingnya kegiatan administrasi pelayanan pelanggan, maka penulis tertarik untuk memilih judul "ADMINISTRASI PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM D'ZEERA KOTA CILACAP JAWA TENGAH" untuk program latihan kerja mahasiswa dalam memperoleh ketrampilan, dan menerapkan teori-teori yang telah diperoleh khususnya yang berhubungan dengan program studi D III Kesekretariatan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama: Dr. Bambang Irawan, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota: Cempaka Paramita, S.E, M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectADMINISTRASIen_US
dc.subjectPELAYANAN PELANGGANen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.titleAnalisis Pelayanan Pelanggan pada UMKM D'zeera Kota Cilacap Jawa Tengahen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record