PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERBUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN KADEMANGAN II KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Keterampilan  menulis  merupakan  keterampilan  yang  sangat  penting  dalam 
kehidupan, tidak hanya penting dalam kehidupan pendidikan, tetapi juga sangat penting 
dalam  kehidupan  masyarakat.  Keterampilan  menulis  itu  sangat  penting  karena 
merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa.  
Keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN Kademangan II Bondowoso 
masih rendah, dengan nilai persentase sebesar 37%, dari 37 siswa hanya 14 siswa yang 
tuntas.  Beberapa  kesulitan  yang  dihadapi  siswa  antara  lain:  1)  siswa  belum  dapat 
memilih  kosa  kata  yang  tepat  dalam  menulis,  2)  kemampuan  siswa  dalam 
mengorganisasi  ide  belum  tertata  dengan  baik,  dan  3)  kualitas  ide  yang  dihasilkan 
masih  rendah.  Dalam  mengatasi  kesulitan-kesulitan  tersebut  guru  perlu  mencari  upaya 
yang  dapat  membuat  siswa  menulis  dengan  baik.  Agar  dapat  menulis  kadang-kadang 
siswa  perlu  dipacu  dengan  menggunakan  media  yang  menarik,  salah  satu  media  yang 
dapat membuat siswa tertarik adalah media objek langsung. 
            Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) 
Bagaimanakah  proses  peningkatan  aktivitas  keterampilan  menulis  deskripsi  dengan 
bantuan  media  kartu    berbunyi  pada  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Kademangan  II 
Kabupaten Bondowoso?,dan 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV 
SDN  Kademangan  II  Bondowoso  dalam  proses  belajar  mengajar  menulis  deskripsi 
setelah menerapkan media kartu  berbunyi ? 
  Adapun  tujuan  penulisan  ini  ialah  1)  Untuk    meningkatkan  kemampuan  siswa 
dalam  menemukan  ide  atau  gagasan  pada  keterampilan  menulis  karangan  deskripsi 
dengan    bantun  media  kartu  berbunyi  pada  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Kademangan  II Kabupaten Bondowoso, dan 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis 
paragraf  deskipsi  setelah  diterapkan  media  kartu  berbunyi  pada  siswa  kelas  IV  SD 
Negeri Kademangan II Kabupaten Bondowoso. 
Metode  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Subjek  dalam 
penelitian  adalah  siswa  kelas  IV  SDN  Kademangan  II  Bondowoso  tahun  pelajaran 
2011/2012  yang  berjumlah  37  siswa.  Instrumen  yang  digunakan  dalam  pengumpulan 
data adalah tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan proses analisis data penelitian ini 
adalah uji ketuntasan belajar siswa. 
Penggunaan  media  kartu  berbunyi  yang  dapat  meningkatkan  keterampilan 
menulis  karangan  deskripsi  dalam  pembelajaran  adalah:  1)  guru  menjelaskan  tentang 
karangan  deskripsi  dan  langkah-langkah  pembuatannya,  2)  siswa  secara  berkelompok 
menentukan benda yang akan dideskripsikan dan mengidentifikasi ciri-cirinya, 3) siswa 
secara  individu  menulis  karangan  deskripsi  berdasarkan  kerangka  karangan  yang  telah 
dibuat  dengan  menggunakan  ejaan  dan  tanda  baca  yang  tepat,  dan  5)  siswa 
berkolaborasi bersama teman kelompoknya untuk meneliti kembali karangan yang telah 
ditulisnya.  
Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa  kelas IV SDN 
Kademangan  II  Kabupaten  Bondowoso  setelah  mendapatkan  pembelajaran  menulis 
karangan  deskripsi  dengan  menggunakan  media  kartu  berbunyi  cukup  tinggi.  Pada 
siklus  I,  siswa  yang  tuntas  berjumlah  22  siswa  atau  59%  siswa  yang  tuntas  secara  
klasikal, dengan nilai rata-rata sebesar 70,4. Pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 
33  siswa  atau  sebesar  89%  yang  tuntas  secara  klasikal,  dengan  nilai  rata-rata  sebesar 
76,4  atau  lebih  mencapai  ketuntasan  seperti  yang  diharapkan  yaitu  >60  sehingga 
pembelajaran  dihentikan  pada  siklus  II.  Peningkatan  ini  mengindikasikan  bahwa 
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat. 
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada  guru  untuk selalu berupaya 
mencari  alternatif  terbaik  dalam  menyampaikan  pembelajaran.  Media  kartu  berbunyi 
dapat  dijadikan  alternatif  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang  menyenangkan, 
sehingga siswa bersemangat dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
