| dc.contributor.author | SULININGSIH |  | 
| dc.date.accessioned | 2022-09-28T05:27:00Z |  | 
| dc.date.available | 2022-09-28T05:27:00Z |  | 
| dc.date.issued | 2018-07-28 |  | 
| dc.date.submitted |  |  | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109656 |  | 
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 28 September 2022 | en_US | 
| dc.description.abstract | Pentingya penggunaan teknologi pada bidang pendidikan ditunjukkan 
dengan adanya tuntutan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada abad 21 
yaitu kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media informasi secara 
efektif dan mengintegrasikan teknologi proses pembelajaran. Penelitian terdahulu 
menunjukkan bahwa media e-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap 
motivasi peserta pendidik untuk lebih tertarik terhadap pembelajaran sehingga 
prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis belajar meningkat. Penelitian lain 
menunjukkan menunjukkan bahwa media e-learning berbasis schoology dapat 
meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga peserta didik mampu 
mengembangkan potensinya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kedua 
media tersebut mempunyai persamaan yang dapat digunakan untuk memecahkan 
suatu permasalahan yang dapat meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan hasil 
belajar peserta didik. Maka perlu peneliti melakukan penelitian lebih lanjut 
mengenai perbedaan kedua media pembelajaran tersebut terhadap kemampuan 
berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. 
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat perbedaan yang 
signifikan kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan menggunakan media 
pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan 
menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata 
pelajaran sejarah?; (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar 
peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning
berbasis Edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media 
pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran sejarah?
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan Quasi 
Eksperimental Design dengan model Pretest-posttest, Nonequivalent Multiple-
Group Design. Sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik yaitu kelas X 
TKR 1 dan kelas X TBG 1 di SMK Negeri 1 Tegalsari. Metode pengumpulan data 
yang digunakan yaitu dokumentasi, teknik tes dan tes performance . Teknik analisis 
data yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test).
Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil uji uji-t (independent sample t test). diperoleh taraf signifikansi sebesar 0.001 (0.001 < 0.05) lebih kecil dari 0.05 
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir 
kritis yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan 
peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis 
schoology; (2) Hasil uji uji-t (independent sample t-test). pada hasil belajar 
diperoleh signifikansi sebesar 0.001 ( 0.001 < 0.05) lebih kecil dari 0.05, maka 
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta 
didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan 
peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis 
schoology. Besarnya perbedaan rerata posttest kemampuan berpikir kritis yang 
diperoleh sebesar 4.233 dan hasil belajar sebesar 6.500 dan uji efektvitas 
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa
media e-learning berbasis Edmodo memiliki efektivitas lebih tinggi dari pada media 
e-learning berbasis schoology hasil nilai efektifitas sebesar 25%, dan hasil belajar 
sebesar 32%.
Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan yang 
signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dibelajarkan 
menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan peserta didik yang 
dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology. Kemampuan 
berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media 
edmodo memiliki nilai yang lebih tinggi dari peserta didik yang dibelajarkan 
menggunakan media e-learning berbasis schoology. Rekomendasi dari penelitian 
ini diharapkan pendidik dapat memanfaatkan media e-learning berbasis edmodo
agar peserta didik dapat termotivasi dalam pembelajaran sehingga dapat 
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. | en_US | 
| dc.description.sponsorship | Dr. Nurul Umamah, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Dr. Muhammad Naim, M.Pd (Dosen Pembimbing) | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US | 
| dc.subject | Media E-learning Berbasis | en_US | 
| dc.title | Perbedaan Media E-learning Berbasis Edmodo dengan Schoology dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |