• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN BANTUAN MEDIA BENDA NYATA PADA SISWA KELAS III SDN LANGKAP 01 BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Rifatu Mahmuda_1.pdf (456.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Rifatu Mahmuda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan rumusan masalah dari aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih konvensional dan jarang menggunakan media belajar. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyata dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehngga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyata , (2) untuk mengkaji peningkata ketuntasan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran ThinkPair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyata pada siswa kelas III SDN Langkap 01 Bangsalsari. Penelitian ini, dilaksanakan di SDN Langkap 01 Bangsalsari. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus. Pada siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan , terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsservasi dan rrefleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknis analisis data yang digunakan yaitu : aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitasa siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan 69,56 % dalam kategori aktif dan 86,95 % dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasi belajar klasikal dan indivdu yang terdiri dari prasiklus sebesar 56,52 %dengan 13 siswa belum tuntas, termasuk dalam katgori belum tuntas secara klasikal. Siklus I sebesar 73,91 % dengan 6 siswa belum tuntas , persentase tersebut dalam katgori tuntas secara klasikal, dan siklus II sebesar 86,95 % dengan 3 siswa yang belum tuntas, dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Akttivitas siswa selama pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyata pada siswa kelas III SDN Langkap 01 Bangsalsari mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif ; (2) Pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyata pada siswa kelas III SDN Langkap 01 Bangsalsari dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa . Saran dari penelitian ini adalah : Pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan bantuan media benda nyataa dapat menjadi model dan media alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10965
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository