Show simple item record

dc.contributor.authorLARAS, Putri Suryaning
dc.date.accessioned2022-09-27T04:15:04Z
dc.date.available2022-09-27T04:15:04Z
dc.date.issued2022-07-04
dc.identifier.nim180210204102en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109640
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 27 September 2022en_US
dc.description.abstractMedia pembelajaran dirancang secara sistematis dan khusus untuk membantu kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SDN Petungasri III Pandaan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Kesulitan yang dialami khususnya di kelas IV adalah terbatasnya media pembelajaran untuk materi keragaman pakaian adat Indonesia dan siswa masih banyak yang belum mengenal keragaman yang ada di Indonesia, serta kesulitan belajar banyak dialami oleh siswa yang diwujudkan sebagai hambatan dalam mencapai hasil belajar. Jadi, perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu mengurai permasalahan belajar yang dihadapi siswa. Media pembelajaran yang sesuai untuk siswa dalam mengatasi masalah tersebut, yaitu media Gapadia berbasis Nearpod yang berbentuk audiovisual. Media ini cocok digunakan siswa, karena berisi gambar-gambar menarik serta audio penjelasan materi, yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod untuk pembelajaran subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada siswa kelas IV SDN Petungasri III Pandaan Kabupaten Pasuruan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku?”, “bagaimanakah keefektifan dan kepraktisan produk media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku?” Penelitian ini dilaksanakan di SDN Petungasri III Pandaan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV A (kelas kontrol) dan IV B (kelas eksperimen) yang terdiri dari 19 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) model Borg and Gall ada sepuluh tahap diantaranya : (1) tahap analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain (5) tahap revisi desain; (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk; (8) tahap uji coba pemakaian (Sugiyono, 2014). Instrumen pengumpulan yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket respon siswa, lembar validasi¸lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod, hasil penilaian dari dua validator yaitu sebesar 87% dalam kategori sangat layak. Hasil validitas instrumen tes sebesar 90%, dan uji reliabel sebesar 0,97. Berdasarkan hasil produk media pembelajaran yang telah dikembagkan memenuhi kriteria valid dan reliabel. Keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari uji t-test menggunakan nilai posttest, hasil nalisis uji t-test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran Gapadia terhadap hasil belajar kognitif siswa. Adapun efektivitas relatif diperoleh sebesar 52% yang masuk pada kategori keefektifan sedang. Respon siswa terhadap media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod diperoleh melalui angket (kuisioner) yang dilakukan setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan angket respon siswa, diperoleh data sebesar 88%, dari persentase tersebut diketahui bahwa keefektifan media Gapadia termasuk kategori sangat baik. Kepraktisan media pembelajaran dilakukan dengan menganalisis hasil angket respon siswa dan guru kelas yang diperoleh hasil 87,5% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod ini valid, efektif, dan praktis untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Gapadia; (1) valid digunakan dalam proses pembelajaran, (2) efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) praktis, media pembelajaran mudah digunakan oleh siswa dan guru, sehingga pembelajaran yang dilakukan bermakna, menarik, menyenangkan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Gapadi Berbasis Nearpoden_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Gapadia Berbasis Nearpod Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV di SDN Petungasri III Pandaan Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon Masyhud, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd, M.Sien_US
dc.identifier.validatorratna_13 September 2022en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record