IMPLEMENTASI STRATEGI BERSAING USAHA KONVEKSI PADA UD.LARASATI TULUNGAGUNG
Abstract
D.Larasati merupakan usaha konveksi yang berada di kelurahan Botoran
dan merupakan sentra industri konveksi muslim kabupaten Tulungagung, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi bersaing pada
UD.Larasati Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan menggunakan
tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis domain dan taksonomi. Analisis domain pada penelitian
ini merupakan gambaran umum perusahaan yang meliputi sejarah perusahaan, visi
dan misi, lokasi, analisis pesaing industri, dan analisis internal serta eksternal
perusahaan. Sedangkan analisis taksonomi yaitu implementasi strategi bersaing
perusahaan.
Hasil penelitian ini adalah strategi bersaing yaitu tiga strategi generik Porter
telah dilakukan oleh UD.Larasati untuk menghadapi persaingan. Strategi generik
yaitu strategi keunggulan biaya, diferensiasi, dan strategi fokus. Strategi keunggulan
biaya dilakukan dengan harga bahan baku yang murah, tenaga kerja borongan, alat
produksi milik sendiri, pemasaran direct selling, dan sistem pengupahan yang
membuat harga jual produk menjadi relatif terjangkau. Strategi Diferensiasi
dilakukan dengan memiliki keragaman produk dan desain produk, eksklusifitas
produk, serta pelayanan konsumen. Strategi fokus dilakukan UD.Larasati dengan
fokus pada segmen pasar menengah kebawah, dan melayani kelompok konsumen
pedagang grosir.