PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA LUMAJANG
Abstract
Penelitian dengan tujuan ingin mendeskripsikan penilaian pasien tentang
kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang. Metode penelitian
menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi
penelitian di Rumah sakit Bhayangkara Lumajang yang terletak di Jl. Kyai Ilyas
No. 7 Lumajang. Responden dalam penelitian ini adalan pasien rawat inap bulan
September 2010 sebanyak 397 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus
slovin dan jumlahnya menjadi 100 responden. Data penelitian ini dianalisis
dengan menggunakan tabel frekuensi.
Berdasarkan hasil persepsi responden tentang kualitas pelayanan pada
Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang dengan didasarkan pada interval tingkat
kualitas pelayanan maka, nilai tertinggi terdapat pada perhatian perawat. Hal ini
membuktikan bahwa perawat sangat perhatian dengan selalu melihat keadaan dan
perkembangan kesehatan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara
Lumajang. Nilai terendah terdapat pada kemampuan dokter dalam mendeteksi
penyakit pasien, tetapi masih termasuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa
dokter masih dinilai tepat dan akurat dalam mendeteksi penyakit pasien namun
perlu ditingkatkan kemampuannya.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat hal yang perlu ditingkatkan oleh
pihak Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang yaitu dokter untuk lebih
meningkatkan kecermatan dalam mendeteksi penyakit pasien, karena meskipun
jumlah responden yang menyatakan kemampuan dokter dalam mendeteksi
penyakit pasien adalah baik, tetapi responden yang menjawab hanya cukup baik
juga tinggi, yaitu sebesar 50 %. Oleh sebab itu, pihak rumah sakit perlu
memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh dokter sehingga persepsi
responden tentang kemampuan dokter dalam mendeteksi pasien semakin tinggi.