Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Suci Bimatia Dwi
dc.date.accessioned2022-09-16T07:31:29Z
dc.date.available2022-09-16T07:31:29Z
dc.date.issued2020-04-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109507
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 16 September 2022en_US
dc.description.abstractKompetensi profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran dan substansi keilmuan yang menaungi materi tersebut, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. Dapat merancang sendiri alat permainan edukatif merupakan kompetensi profesional guru TK, yang terdapat pada standart kompetensi profesional guru TK. Dengan menumbuhkkan kreativitas guru, dalam penggunaan, penciptaan dan penguasaan alat permainan dari bahan-bahan sederhana, dapat pula meningkatkan kompetensi profesional guru TK. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk mampu memberikan dan merealisasikan harapan semua pihak, terutama masyarakat umum yang telah mempercayakan sekolah dan guru dalam membina peserta didik. Berdasarkan pada latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran kompetensi profesional guru dalam merancang alat permainan edukatif (APE) untuk pembelajaran di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020?”. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk “Mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam merancang alat permainan edukatif (APE) untuk pembelajaran di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto selama 3 minggu. Subjek penelitian adalah guru TK Dharma Wanita 1 Sambiroto, sedangkan sumber data yang diperoleh dari informan adalah kepala sekolah TK Dharma Wanita 1 Sambiroto. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2020 sampai dengan 21 Maret 2020 dengan jumlah 11 kali pertemuan. Metode pengumpulan data tersebut dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Hubberman yaitu melalui empat tahapan antara lain proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru guru di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto sudah memiliki kriteria kompetensi profesional dalam merancang alat permainan edukatif untuk pembelajaran di TK. Kompetensi profesional dalam merancang alat permainan edukatif yang dimiliki guru di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto yakni meliputi kemampuan guru dalam penguasaan penggunaan alat permainan edukatif, kemampuan memahami konsep alat permainan edukatif, kemampuan guru dalam menentukan APE sesuai dengan materi melalui RPPH, dan kemampuan guru dalm membuat sendiri alat permainan edukatif untuk pembelajaran. Hampir semua kemampuan guru tersebut didapat dari mengikuti pelatihan dan workshop. Tidak hanya dari pelatihan, tetapi kreatifitas guru dalam merancang alat permainan edukatif didapat juga dari literatur dan internet. Sebagai saran penguatan, hendaknya guru lebih banyak membuat alat permainan edukatif yang lebih awet dan tahan lama, sehingga lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana untuk pengadaan alat permainan edukatif.en_US
dc.description.sponsorshipDra. Khutobah, M.Pd (Dosen Pembimbing) Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd, M.Pd (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKompetensi Profesional Guruen_US
dc.titleAnalisis Kompetensi Profesional Guru dalam Merancang Alat Permainan Edukatif Ape untuk Pembelajaran di TK Dharma Wanita 1 Sambiroto Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record