• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKAN

    Thumbnail
    View/Open
    Agung Prasetyo Utomo_1.pdf (729.7Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Agung Prasetyo Utomo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 4 Juni 2011. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini antara lain: dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus sebesar 39.7% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif, dan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 70.76 % dan termasuk pada kriteria aktif, serta aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus II mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 80.19 % dan termasuk pada kriteria sangat aktif Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra-siklus sebelum adanya tindakan adalah sebesar 29.42 %, dan ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76.47%, serta ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai 88.23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10948
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository