Show simple item record

dc.contributor.authorKRISTANTI, Eni Dwi
dc.date.accessioned2022-09-13T04:52:30Z
dc.date.available2022-09-13T04:52:30Z
dc.date.issued2022-07-28
dc.identifier.nim180210204068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109423
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 September 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractSecara alamiah keterampilan menulis salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai peserta didik adalah menulis surat undangan. Hasil tugas peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember, ditemukan kesalahan dalam membuat surat undangan resmi dalam penggunaan ejaan dan kalimat efektif. Kesalahan tersebut berupa penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsip-prinsipnya. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan penggunaan ejaan, bagaimanakah kesalahan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsipnya, dan apa sajakah faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan ejaan, untuk mengetahui kesalahan penggunaan kalimat efektif berdasarkan prinsipnya, dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangbayat 01, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan yang berupa penggunaan huruf kapital dan tanda baca serta penggunaan kalimat efektif yang berdasarkan prinsip-prinsipnya. Sumber data pada penelitian ini adalah menulis surat undangan resmi peserta didik kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan ejaan tergolong kategori sedang dengan memperoleh persentase sebesar 68%, diantaranya yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca titik, dan koma. Kesalahan terbanyak pada ejaan adalah penggunaan huruf kapital. Kesalahan penggunaan kalimat efektif tergolong kategori rendah dengan persentase sebesar 22%, diantaranya yaitu kesalahan pada prinsip cermat, kesalahan pada prinsip hemat, dan kesalahan pada prinsip kelogisan makna. Kesalahan terbanyak pada kalimat efektif adalah kesalahan pada prinsip hemat. Kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif disebabkan oleh 3 faktor yaitu faktor minat belajar peserta didik berupa peserta didik kurang memperhatikan saat dijelaskan oleh guru, peserta didik tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak adanya daya saing dengan temannya, dan peserta didik tidak aktif bertanya. Faktor kompetensi yaitu peserta didik masih belum memahami, menguasai dan mengalami kesulitan pada sistem bahasa yang digunakan. Faktor kesalahan yang terakhir yaitu faktor performasi, kesalahan yang terlihat disebabkan karena terdapat peserta didik kelelahan saat menulis dan suasana kelas yang gaduh. Peserta didik pada akhirnya terburu-buru dalam menyelesaikan tugas tanpa memperhatikan PUEBI, Setelah dilakukannya penelitian ini guru diharapkan lebih memperhatikan penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada penulisan surat undangan resmi sehingga tidak ada lagi kesalahan yang sama. Bagi peserta didik, dapat lebih teliti, cermat dan memahami dalam penggunaan ejaan dan kalimat efektif pada kegiatan menulis surat undangan resmi. Bagi peneliti lain, melanjutkan penelitian ini untuk mengurangi atau menghilangkan kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif yang dapat diketahui berdasarkan faktor-faktor yang ada. Bagi peneliti, lebih belajar, memahami, serta memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan kalimat efektif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKESALAHAN PENGGUNAAN EJAANen_US
dc.subjectKALIMAT EFEKTIFen_US
dc.subjectUNDANGAN RESMI PESERTA DIDIKen_US
dc.titleKesalahan Penggunaan Ejaan dan Kalimat Efektif pada Undangan Resmi Peserta didik Kelas V SDN Karangbayat 01 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorkacung-13 September 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record