• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV A SDN KENCONG 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Regina Puspita Nawangwulan_1.pdf (298.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Regina Puspita Nawangwulan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar. Banyak yang berpendapat bahwa IPS merupakan pembelajaran yang membosankan, sebenarnya kebosanan bukan disebabkan oleh materinya yang cenderung bersifat hafalan, tetapi lebih pada cara guru mengajar di kelas yang bersifat monoton dan tidak mengunakan metode pembelajaran yang bervariatif. Permasalahan tersebut tampak pada proses pembelajaran IPS di SDN Kencong 02. Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga pembelajaran yang demikian menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan tersebut mendorong peneliti bersama guru sepakat untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make-a match dengan menggunakan media papan flanel. Berdasarkan uraian latar belakang, maka rumusan masalah yang dapat dicapai adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make-a match dengan menggunakan media papan flanel pada siswa kelas IV A SDN Kencong 02 Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkanaktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe make-a match dengan menggunakan media papan flanel pada siswa kelas IV A SDN Kencong 02 Jember. Hipotesis tindakan yang dapat dirumuskan adalah jika diterapkan pembelajaran tipe make-a match dengan media papan flanel dalam pembelajaran IPS pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat pada siswa kelas IV A SDN Kencong 02 Jember, maka aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini dilakukan di SDN Kencong 02 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 32 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan siklus I terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran siklus II tidak jauh berbeda dengan siklus I. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data pada penelitian ini digunakan analisis statistik deskriftif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sudah mulai tampak, yaitu menunjukkan persentase sebesar 68%. Sedangakan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II menunjukkan persentase sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tipe make-a match dengan media papan flanel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari persentase yang diperoleh sebelum tindakan sebesar 50%, pada siklus I sebesar 68%, dan siklus II yaitu sebesar 82% peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 14%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan 34%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar 75%, dan siklus II 97%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 22%. Dari hasil penelitian ada beberapa saran yang perlu diperhatikan yaitu pembelajaran tipe make-a match dengan media papan flanel sebaiknya tidak hanya diterapkan pada materi persebaran sumber daya alam saja, dan merancang pembelajaran dengan baik agar waktu tidak banyak yang terbuang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10942
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository