PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS- JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SDN KEMUNING LOR 02 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN
Kemuning Lor 02 Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dan
peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas
III SDN Kemuning Lor 02 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah
menerapkan metode bermin peran. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN
Kemuning Lor 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Tahun Pelajaran 2011/ 2012
setelah menerapkan metode “role playing”Untuk meningkatkan hasil belajar pada
siswa kelas III pada bidang studi IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan SDN
Kemuning lor 02 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah menerapkan
metode “role playing”. Jadi hasil. peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN
Kemuning Lor 02 Panti dengan menerapkam metode bermain peran pokok bahasan
jenis- jenis pekerjaan aktivitas secara klasikal mulai dari prasiklus, siklus 1 ke siklus
2 sebesar 53,3%, 80,7%, 97%. Hasil ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan
dari 81% pada siswa siklus I menjadi 92% pada tindakan siklus II. Hasil belajar ini
menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai ketuntasan
secara klasikal.
Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di
SDN Kemuning Lor 02 Panti Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 10 Juni 2011 sampai tanggal 3 Desember 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan
jumlah siswa 27 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan metode bermain peran.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema dari
Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran dengan metode
bermain peran pada pembelajaran IPS. Saran dari guru adalah model pembelajaran
dengan menggunakan metode bermain peran dapat diterapkan pada pembelajaran IPS
agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep – konsep IPS dan penerapannya
dalam kehidupan sehari – hari. Bagi sekolah disarankan agar memberi fasilitas untuk
pengadaan sarana atau prasarana pembelajaran sehingga dapat menunjang
tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.