| dc.description.abstract | Pembelajaran  IPA di  Sekolah  Dasar/Madarasah  Ibtidaiyah  pada  umumnya
menggunakan  model  pembelajaran  konvensional,  yaitu  model  pembelajaran  yang
menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di SD Nahdlatul Ulama Kencong
khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun strategi
pembelajaran  yang  dapat  meningkatkan  efektivitas  belajar  mengajar  di  kelas.  Pada
umumnya  dalam  proses  pembelajaran  guru hanya  menggunakan  metode  ceramah
ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini
berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan
minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 60.
Rumusan  masalah dalam  penelitian  ini  adalah: (1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas  belajar  IPA  siswa  kelas  IV  SD  Nahdlatul  Ulama  Kencong  Jember  Tahun
Pelajaran  2011/2012  setelah  mengikuti  pembelajaran  dengan  penerapan  model
Quantum  Teaching dengan  teknik Pick  Up  Cards  Game pokok  bahasan  bagian-
bagian  tumbuhan? (2) bagaimanakah peningkatan hasil  belajar IPA siswa  kelas  IV
SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti
pembelajaran  dengan  penerapan  model Quantum  Teaching dengan  teknik Pick  Up
Cards Game pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan?
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah: (1)  untuk mengkaji  peningkatan aktivitas
belajar  IPA  pada  siswa  kelas  IV SD  Nahdlatul  Ulama  Kencong Jember  Tahun
Pelajaran  2011/2012,  (2)  untuk  mengkaji  peningkatan  hasil belajar  IPA  pada  siswa kelas  IV SD  Nahdlatul  Ulama  Kencong Jember  Tahun  Pelajaran  2011/2012.
Pembelajaran Model Quantum  Teaching dengan  Teknik Pick  Up  Cards  Game
mempunyai  sifat  yang  konkret,  lebih  realistis,  menunjukkan  pokok  masalah
dibandingkan media verbal semata, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu karena
tidak  semua  benda  atau  objek  dapat  dibawa  ke  kelas, dapat  mengatasi  keterbatasan
pengamatan, dan melatih berpikir logis. Penerapan Model Quantum Teaching dengan
Teknik Pick  Up  Cards  Game dilakukan  di kelas  IV SD  Nahdlatul  Ulama  Kencong
Jember tahun pelajaran 2011/2012, dengan responden 25 siswa, yang terdiri atas 13
siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas,  metode  pengumpulan  data yang  digunakan  adalah:  metode  observasi, metode
tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa rata-rata belajar siswa mencapai
kenaikan sebesar 6,18. Pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 65,02, sedangkan pada
siklus  II 71,2.  Ketuntasan  belajar  siswa  secara  klasikal juga mengalami  peningkatan
sebesar 28%.  Pada  siklus  I ketuntasan  belajar  klasikal  mencapai 56% tergolong
belum mencapai ketuntasan belajar secara  klasikal. Pada siklus  II ketuntasan belajar
klasikalnya  mencapai 84%.  Dengan  demikian standar  ketuntasan  belajar  secara
klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi, sehingga penelitian ini hanya dilakukan
sebanyak 2 siklus.
Saran  bagi  pihak  sekolah  ddiharapkan  dapat  menerapkan Model Quantum
Teaching dengan Teknik Pick Up Cards Game untuk meningkatkan kualitas dan hasil
belajar siswa. Bagi guru, dapat menjadi masukan dalam alternatif pembelajaran untuk
meningkatkan  keberhasilan  dan  kualitas  pembelajaran  IPA  ataupun  yang  yang
lainnya..  Bagi  siswa, siswa  harus  aktif  dalam  kegiatan pembelajaran. Bagi  peneliti
lain, penelitian ini juga dapat menjadi masukan untuk penelitian lebih lanjut.
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  penerapan Model Quantum  Teaching
dengan  Teknik Pick  Up  Cards  Game dapat  meningkatkan  ketuntasan  hasil  belajar
IPA siswa  kelas  IV SD  Nahdlatul  Ulama  Kencong Jember  pada  pokok  bahasan
Bagian-Bagian Tumbuhan. | en_US |