dc.description.abstract | Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya
menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang
menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di SD Nahdlatul Ulama Kencong
khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun strategi
pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada
umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah
ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini
berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan
minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 60.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember Tahun
Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model
Quantum Teaching dengan teknik Pick Up Cards Game pokok bahasan bagian-
bagian tumbuhan? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV
SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti
pembelajaran dengan penerapan model Quantum Teaching dengan teknik Pick Up
Cards Game pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas
belajar IPA pada siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember Tahun
Pelajaran 2011/2012, (2) untuk mengkaji peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pembelajaran Model Quantum Teaching dengan Teknik Pick Up Cards Game
mempunyai sifat yang konkret, lebih realistis, menunjukkan pokok masalah
dibandingkan media verbal semata, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu karena
tidak semua benda atau objek dapat dibawa ke kelas, dapat mengatasi keterbatasan
pengamatan, dan melatih berpikir logis. Penerapan Model Quantum Teaching dengan
Teknik Pick Up Cards Game dilakukan di kelas IV SD Nahdlatul Ulama Kencong
Jember tahun pelajaran 2011/2012, dengan responden 25 siswa, yang terdiri atas 13
siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode
tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata belajar siswa mencapai
kenaikan sebesar 6,18. Pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 65,02, sedangkan pada
siklus II 71,2. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan
sebesar 28%. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 56% tergolong
belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II ketuntasan belajar
klasikalnya mencapai 84%. Dengan demikian standar ketuntasan belajar secara
klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi, sehingga penelitian ini hanya dilakukan
sebanyak 2 siklus.
Saran bagi pihak sekolah ddiharapkan dapat menerapkan Model Quantum
Teaching dengan Teknik Pick Up Cards Game untuk meningkatkan kualitas dan hasil
belajar siswa. Bagi guru, dapat menjadi masukan dalam alternatif pembelajaran untuk
meningkatkan keberhasilan dan kualitas pembelajaran IPA ataupun yang yang
lainnya.. Bagi siswa, siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti
lain, penelitian ini juga dapat menjadi masukan untuk penelitian lebih lanjut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Quantum Teaching
dengan Teknik Pick Up Cards Game dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar
IPA siswa kelas IV SD Nahdlatul Ulama Kencong Jember pada pokok bahasan
Bagian-Bagian Tumbuhan. | en_US |