STRATEGI PEMASARAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA MOMOKO TRUSTED ONLINE SHOP
Abstract
Momoko Trusted Online Shop merupakan toko online atau online shop (OS)
yang memasarkan tas dan dompet melalui jejaring sosial (social network) facebook.
Momoko Trusted Online Shop dapat berkembang dan bertahan dalam persaingan
yang ketat, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari strategi pemasaran yang
dijalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
strategi pemasaran jejaring sosial facebook pada Momoko Trusted Online Shop.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
paradigma deskriptif. Metode penelitian bertujuan untuk memecahkan masalah
sehingga dapat diperoleh hasil yang benar-benar obyektif dan ilmiah. Teknik
wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka secara
mendalam (indept interview) untuk pengumpulan data. Analisis data yang digunakan
adalah analisis domain dan taksonomi. Penggunaan analisis domain dan taksonomi
dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang
dibahas dalam penelitian. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan
metode induktif karena berawal dari hal yang khusus ke dalam hal yang bersifat
umum.
Hasil penelitian ini adalah strategi Momoko Trusted Online Shop dalam
memasarkan produk melalui facebook yaitu mengunggah foto-foto produk ke
facebook dan menulis status mengenai info harga produk yang ditujukan kepada
forum atau komunitas online facebook. Penjualan produk Momoko Trusted Online
Shop bisa lebih cepat, praktis, dan jaringan luas mencakup dalam dan luar negeri.
Volume penjualan Momoko Trusted Online Shop setiap bulannya memenuhi target penjualan yang membuktikan bahwa Strategi Momoko Trusted Online Shop
memasarkan produknya melalui facebook itu efektif. Perusahaan terhubung dengan
customer dan mengetahui keinginan customer secara online. Momoko Trusted Online
Shop yang selalu berusaha menyesuaikan dengan keinginan konsumen mendapatkan
hasil yang baik sesuai dengan yang ditargetkan. Momoko Trusted Online Shop
terhubung dan mengetahui apa yang dilakukan competitor secara online dengan
mengujungi facebook competitor. Momoko Trusted Online Shop mengetahui
perubahan kekuatan teknologi, kekuatan politik dan legal, kekuatan ekonomi, sosial
budaya, dan kekuatan pasar secara online melalui internet. Momoko Trusted Online
Shop menyesuaikan dengan change yang dirasa membawa pengaruh terhadap
penjualan Momoko Trusted Online Shop. Momoko Trusted Online Shop
menghubung atau meng-connect 4C (company, customer, competitor, change) secara
online melalui internet dan jejaring sosial facebook. Momoko Trusted Online Shop
aktif mencari informasi tentang 4C (company, customer, competitor, change) lanskap
bisnis secara online.
Kesimpulannya adalah strategi Momoko Trusted Online Shop dalam
memasarkan produk melalui facebook yaitu mengunggah foto-foto produk ke
facebook dan menulis status mengenai info harga produk yang ditujukan kepada
forum atau komunitas online facebook. Perusahaan selalu terhubung (ter-connect)
dengan customer, competitor, change secara online melalui internet dan facebook.