Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIASARI, Teny
dc.date.accessioned2022-08-30T07:02:16Z
dc.date.available2022-08-30T07:02:16Z
dc.date.issued2022-07
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220104009en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109140
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempunyai peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli kimia mempelajari gejala alam melalui proses pengamatan dan eksperimen yang disertai dengan sikap ilmiah serta kemampuan menganalisis dan mengevaluasi data dengan baik. Mempelajari ilmu kimia masih dirasakan sangat sulit oleh siswa. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya yang luas dan bersifat abstrak. Kimia meliputi materi yang terdiri atas fakta, konsep, hukum, prinsip, teori dan soal yang sebagian besar bersifat abstrak. Selain itu, sulitnya mempelajari ilmu kimia disebabkan karena ilmu kimia memiliki karakteristik tersendiri, yaitu bersifat abstrak, merupakan penyederhanaan dari kondisi real serta berurutan dan berjenjang. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting dimiliki oleh siswa dalam mempelajari ilmu kimia. Representasi adalah cara menyajikan kembali suatu ide atau konsep tertentu ke dalam bentuk lain yang memiliki arti sama. Dalam pembelajaran kimia ada tiga macam representasi yaitu representasi makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik. Untuk mempermudah memahami konsep kimia, para ahli biasa menggunakan multirepresentasi ini. Dengan demikian, siswa harus memiliki kemampuan multirespresentasi yang baik dalam mempelajari ilmu kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pembelajaran Research and Development (R & D). Desain penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu desain Borg & Gall yang meliputi sepuluh langkah, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji terbatas, revisi hasil uji terbatas, uji lapangan/uji kelompok besar, revisi hasil uji coba lapangan, uji kelayakan, revisi hasil uji kelayakan, desiminasi dan implementasi. Dari kegiatan penelitian model APL beserta perangkatnya dinyatakan valid, ditunjukkan oleh nilai validasi model APL 91,21%, validasi silabus 89,29%, validasi RPP 90,89%, validasi soal 86,11%, validasi LKPD 85,42% seluruhnya tergolong kategori sangat valid. Model APL dikategorikan praktis, yang ditunjukkan oleh nilai keterlaksanaan dan respon siswa. Keterlaksanaan uji skala kecil 78%, uji skala besar 85%, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 93%, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 92%, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 91%. Nilai respon siswa uji skala kecil 73,65%, uji skala besar 82,38%, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 83,54%, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 82,07%, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 79,85%. Model APL telah diujicoba dan dikategorikan efektif, yang ditunjukkan oleh nilai N-Gain HOTS dan multirepresentasi. Nilai N-Gain HOTS uji skala kecil 0,76, uji skala besar 0,83, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 0,74, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 0,68, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 0,64. Nilai N-Gain kemampuan multirepresentasi uji skala kecil 0,79, uji skala besar 0,77, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 0,78, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 0,71, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 0,64. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa APL sangat bermanfaat untuk meningkatkan HOTS dan multirepresentasi serta dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMAN.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M. Si. Dosen Pembimbing Anggota : Erlia Narulita, S.Pd, M.Si., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectADVANCE PROJECT LEARNING (APL)en_US
dc.subjectMENINGKATKAN HOTSen_US
dc.subjectMULTI REPRESENTASIen_US
dc.titlePengembangan Model Advance Project Learning (APL) untuk Meningkatkan HOTS dan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kelas XIen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record