dc.contributor.author | GUHARDIPUTRA, Muhammad Alwi Kurniawan | |
dc.date.accessioned | 2022-08-30T07:01:05Z | |
dc.date.available | 2022-08-30T07:01:05Z | |
dc.date.issued | 2022-07-26 | |
dc.identifier.nim | 181910101118 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109139 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Agustus 2022_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Dalam kondisi perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi kendaraan urban consept
harus memenuhi peraturan khusus yang telah ditetapkan, yaitu ‘stop & go driving’.
oleh karena itu mobil yang dirancang haruslah memiliki ketangguhan untuk
melakukan akselerasi mampu deselerasi dengan aman. Chassis merupakan bagian
fundamental dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang keseluruhan beban
yang bekerja pada mobil, menjaga agar kondisi mobil tetap rigid tidak mengalami
deformasi yang berlebih dan aman ketika digunakan. Untuk itu perencanaan desain
chassis harus diperhatiakan. Pemilihan material yang kuat namun tetap ringan
dilakukan, dengan menggunakan material alumunium 6061. Pada penelitian ini
akan dilakukan analisa mengenai desain chassis mobil urban TITEN EV-2 pada
pembebanan dinamis saat dilakukan pengereman dengan variasi bentuk profil
chassis yaitu profil berbentuk square dan rectangular hollow serta jarak
pengereman yang divariasikan mulai dari 20 m, 15 m, 10 m. Dengan menggunakan
Metode Elemen Hingga (MEH) analisis kekuatan dari desain struktur chassis dapat
diketahui dengan melihat tegangan maksimum dan deformasi total yang bekerja
pada chassis. Dari hasil simulasi diperoleh profil chassis Rectangular hollow
memiliki massa sebesar 7,6 kg lebih ringan dibandingkan dengan chassis square
hollow yang memiliki massa 9,4 kg. Chassis rectangular hollow memiliki tegangan
maksimum lebih unggul dibandingkan chassis square hollow pada pembebanan
jarak pengereman 20 m dan 15 m namun pada jarak pengereman 10 m chassis
square hollow lebih unggul dari segi total deformasi dan tegangan maksimumnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Ir. Santoso Mulyadi S.T., M.T.
Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Muh. Nurkoyim Kustanto S.T., M.T | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | CHASSIS MOBIL URBAN TITEN EV-2 | en_US |
dc.subject | PEMBEBANAN DINAMIS | en_US |
dc.title | Analisis Desain Chassis Mobil Urban TITEN EV-2 pada Pembebanan Dinamis Saat Dilakukan Pengereman | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Mesin | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Santoso Mulyadi S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Muh. Nurkoyim Kustanto S.T., M.T | en_US |