Show simple item record

dc.contributor.authorGUHARDIPUTRA, Muhammad Alwi Kurniawan
dc.date.accessioned2022-08-30T07:01:05Z
dc.date.available2022-08-30T07:01:05Z
dc.date.issued2022-07-26
dc.identifier.nim181910101118en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109139
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractDalam kondisi perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi kendaraan urban consept harus memenuhi peraturan khusus yang telah ditetapkan, yaitu ‘stop & go driving’. oleh karena itu mobil yang dirancang haruslah memiliki ketangguhan untuk melakukan akselerasi mampu deselerasi dengan aman. Chassis merupakan bagian fundamental dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang keseluruhan beban yang bekerja pada mobil, menjaga agar kondisi mobil tetap rigid tidak mengalami deformasi yang berlebih dan aman ketika digunakan. Untuk itu perencanaan desain chassis harus diperhatiakan. Pemilihan material yang kuat namun tetap ringan dilakukan, dengan menggunakan material alumunium 6061. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa mengenai desain chassis mobil urban TITEN EV-2 pada pembebanan dinamis saat dilakukan pengereman dengan variasi bentuk profil chassis yaitu profil berbentuk square dan rectangular hollow serta jarak pengereman yang divariasikan mulai dari 20 m, 15 m, 10 m. Dengan menggunakan Metode Elemen Hingga (MEH) analisis kekuatan dari desain struktur chassis dapat diketahui dengan melihat tegangan maksimum dan deformasi total yang bekerja pada chassis. Dari hasil simulasi diperoleh profil chassis Rectangular hollow memiliki massa sebesar 7,6 kg lebih ringan dibandingkan dengan chassis square hollow yang memiliki massa 9,4 kg. Chassis rectangular hollow memiliki tegangan maksimum lebih unggul dibandingkan chassis square hollow pada pembebanan jarak pengereman 20 m dan 15 m namun pada jarak pengereman 10 m chassis square hollow lebih unggul dari segi total deformasi dan tegangan maksimumnya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Ir. Santoso Mulyadi S.T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Muh. Nurkoyim Kustanto S.T., M.Ten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectCHASSIS MOBIL URBAN TITEN EV-2en_US
dc.subjectPEMBEBANAN DINAMISen_US
dc.titleAnalisis Desain Chassis Mobil Urban TITEN EV-2 pada Pembebanan Dinamis Saat Dilakukan Pengeremanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Mesinen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Santoso Mulyadi S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Muh. Nurkoyim Kustanto S.T., M.Ten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record