IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PRODUK MEBEL PADA UD.MEUBEL EDY JEMBER
Abstract
Perkembangan dunia usaha saat ini menghadapi suatu persaingan yang harus
dihadapi. Persaingan yang dikarenakan oleh kondisi ekonomi yang tidak menentu
menyebabkan para pelaku ekonomi harus menunjukkan jati dirinya. Dalam
perusahaan industri yang bergerak di bidang produksi barang–barang mebel,
hendaklah dapat mengimbangi kebutuhan konsumen. Hal ini dapat kita lihat dengan
semakin banyaknya permintaan akan kebutuhan barang–barang mebel. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Bauran
Pemasaran Produk Mebel Pada UD MEUBEL EDY Jember. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode paradigma kualitatif dengan menggunakan analisis domain
dan taksonomi. Implementasi bauran pemasaran dalam penelitian ini melalui unsur
4P dari bauran pemasaran yang terdiri dari product (produk), price (harga), place
(lokasi/ saluran distribusi), promotion (promosi).
Kesimpulan penelitian ini adalah industri mebel ini memiliki kualitas produk
yang sangat memuaskan sehingga konsumen merasa puas karena mendapatkan
barang yang sesuai dengan pesanan dan keinginan konsumen. Dalam kebijakan
pemasaran ini, industri UD MEUBEL EDY Jember sebelum membuat model produk
yang akan dipasarkan perusahaan akan terlebih dahulu mencari informasi tentang bahan-bahan yang berkualitas bagus untuk menghasilkan produk sesuai dengan
permintaan serta Konsumen dapat mendesain sendiri model produk yang
diinginkannya, sehingga perusahaan dengan mudah mengerjakan produk tersebut.
Sehingga penjualan meningkat pada tahun 2010.