• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-B MTS. NEGERI JEMBER I

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Dya Permata Sari_1.pdf (113.1Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Ayu Dya Permata Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal pada bulan April 2011 dengan guru fisika MTs. Negeri Jember I ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Aktivitas siswa dari 36 siswa hanya 20 siswa yang aktif menyimak penjelasan guru, hanya 13 siswa yang aktif bertanya, 18 siswa yang menjawab pertanyaan, dan 25 siswa yang mengerjakan LKS. Selain itu, ketuntasan hasil belajar fisika kelas VIII B juga masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data nilai pos test kelas VIII B diperoleh bahwa dari 36 siswa, sebanyak 8 siswa yang dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 28 siswa dinyatakan tidak tuntas belajar mengingat KKM yang harus ditempuh siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 70. Rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII B menunjukkan siswa kurang menguasai konsep fisika. Dari hasil identifikasi masalah tersebut di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penggunan model inkuiri disertai media pembelajaran video untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-B MTs. Negeri Jember I. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model inkuiri disertai media pembelajaran video pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I; (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika viii melalui model inkuiri disertai media pembelajaran video pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII B MTs. Negeri Jember I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa pada siklus I besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa 67,35% dan termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus 2 besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa secara individu meningkat menjadi 81,24% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Dengan demikian aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 besarnya presentase ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33% dan pada siklus 2 sebesar 86,5%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori sangat aktif; (2) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10909
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository