• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS- JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SDN KEMUNING LOR 02 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Nila Selfia Hidayah_1.pdf (170.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Nila Selfia Hidayah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    agaimanakah peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dan peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah menerapkan metode bermin peran. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan jenis- jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Tahun Pelajaran 2011/ 2012 setelah menerapkan metode “role playing”Untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III pada bidang studi IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan SDN Kemuning lor 02 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah menerapkan metode “role playing”. Jadi hasil. peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 Panti dengan menerapkam metode bermain peran pokok bahasan jenis- jenis pekerjaan aktivitas secara klasikal mulai dari prasiklus, siklus 1 ke siklus 2 sebesar 53,3%, 80,7%, 97%. Hasil ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 81% pada siswa siklus I menjadi 92% pada tindakan siklus II. Hasil belajar ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kemuning Lor 02 Panti Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 10 Juni 2011 sampai tanggal 3 Desember 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 27 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan metode bermain peran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema dari Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran dengan metode bermain peran pada pembelajaran IPS. Saran dari guru adalah model pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep – konsep IPS dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Bagi sekolah disarankan agar memberi fasilitas untuk pengadaan sarana atau prasarana pembelajaran sehingga dapat menunjang tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10893
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository