Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIA, Lailatul
dc.date.accessioned2022-08-16T02:48:26Z
dc.date.available2022-08-16T02:48:26Z
dc.date.issued2022-07-18
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108836
dc.description.abstractMata pelajaran sejarah memiliki tujuan untuk dapat mengembangkan kemampuan siswa. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan modul elektronik dengan menggunakan model Dick and Carey. Modul elektronik Peran Kapten Ilyas Lumajang dalam Mempertahankan Kemerdekaan telah diuji oleh tiga orang ahli. Hasil penilaian uji validasi bidang studi sebesar 85,3% dalam kategori sangat baik, tes validasi bahasa yaitu 82% dalam kategori baik dan tes validasi desain yaitu 76,6% dalam kategori baik. Modul elektronik yang dikembangkan telah diuji coba oleh pengguna, kelompok kecil dan kelompok besar. Uji coba pengguna sebesar 88,5% kategori sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil dilakukan 9 siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul dengan nilai rata-rata 38,89% sampai dengan 91,67% dengan kualifikasi sangat tinggi. Pada uji coba kelompok lapangan sebelum dan sesudah menggunakan modul nilai rata-rata 37,67% sampai 88,83% dengan kualifikasi sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik peran Kapten Ilyas Lumajang dalam Menjaga Kemandirian mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Mohamad Na’im, M.Pd Drs. Sumarjono, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikanen_US
dc.subjectLocal Historyen_US
dc.subjectE-moduleen_US
dc.subjectSejarah Lokalen_US
dc.subjectModel Dick and Careyen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Lokal Peranan Kapten Ilyas Lumajang Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Menggunakan Model Dick and Careyen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record