Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Bagi Pengguna Kartu Jamkesmas Di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember; Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Bagi Pengguna Kartu Jamkesmas Di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember
Abstract
Program Jamkesmas merupakan Program bantuan sosial bidang kesehatan
bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah
dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat
miskin dan agar kebutuhan dasar kesehatannya yang layak dapat terpenuhi.
Penyelenggaraan program Jamkesmas dibedakan dalam dua kelompok berdasarkan
tingkat pelayanannya yaitu Jamkesmas untuk pelayanan dasar di puskesmas termasuk
jaringannya dan untuk pelayanan kesehatan lanjutan di rumah sakit dan balai
kesehatan. Puskesmas Pakusari merupakan salah satu Puskesmas Kecamatan di
antara 48 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Letak Puskesmas ini
adalah di bagian timur Kabupaten Jember berada di Jl.Sudirman No.87 Kecamatan
Pakusari Kabupaten Jember. Sebagai pusat pelayanan kesehatan, Puskesmas Pakusari
mempunyai fasilitas 1 Puskesmas Induk, 4 Puskesmas pembantu dan 2 pondok
bersalin desa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan
bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Kualitas
pelayanan yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang sesuai harapan dan
sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh pemerintah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi ditetapkan
sebanyak 359 pasien. Sampel diambil dengan rumus 25%x359 pasien sehingga
menjadi 90 pasien. Penentuan respondennya menggunakan teknik sampling
vii
insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan
dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model
pengukuran milik Parasuraman yaitu ServQual. Perhitungan ini digunakan untuk
mengukur dan mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu
Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Variabel kualitas pelayanan
diukur dengan 5 Indikator yaitu Bukti langsung, keandalan, daya tanggap. jaminan, empati.Hasil perhitungan ServQual dari kelima dimensi tersebut yaitu -1,7 dengan skor rata-rata
untuk persepsi 2,7 dan skor harapan 4,4. Hasil analisisnya menyatakan bahwa
kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas
Pakusari Kabupaten Jember dari hasil perhitungan ServQual masuk dalam kategori
tidak baik, karena hasil yang diperoleh dari kelima dimensi kualitas pelayanan
memperoleh angka negatif.